Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kemampuan Siswa, Kemenag Bahas Ide Madrasah 4.0

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 620 2472264 tingkatkan-kemampuan-siswa-kemenag-bahas-ide-madrasah-4-0-53M6WTxzoe.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas membahas ide Madrasah 4.0. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

SISWA madrasah diharapkan memiliki kemampuan beradaptasi dan survive pada masa mendatang. Maka itu, penguasaan teknologi menjadi kunci dalam kesuksesan generasi madrasah di masa depan. Demikian diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Kemarin Kementerian Agama (Kemenag) diberi tantangan oleh Presiden Jokowi. Bagaimana caranya agar siswa itu jangan sekadar sekolah, kemudian mendapat ijazah, tapi ujungnya hanya menambah deretan pencari kerja," ungkap Menag saat berdiskusi secara virtual tentang Madrasah 4.0 dengan Chairman Orbit Future Academic Ilham Habibi, Rabu 15 September 2021.

Baca juga: Terbit Perpres 82/2021, Pemda Bisa Bantu Pendanaan Pesantren 

"Oleh karena itu Kemenag diberikan tantangan untuk membangun pendidikan vokasi. Maka, melalui diskusi ini, paling tidak saya mendapatkan gambaran 50 persen pekerjaan rumah kita sudah dapat diselesaikan. Saya menyambut baik konsep Madrasah 4.0 yang diungkapkan Pak Ilham barusan," tambahnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Sebelumnya Ilham Habibi memaparkan rencana mengembangkan program Madrasah 4.0 bersama Kemenag. "Transformasi pendidikan harus segera dilakukan untuk menyiapkan anak-anak kita. Transformasi yang harus kita lakukan jangan hanya bagaimana siswa kita menjadi konsumen teknologi. Sebaliknya, mereka harus mampu mengembangkan bahkan menciptakan teknologi," ungkap putra presiden ketiga RI BJ Habibie ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa dalam Madrasah 4.0 akan mentransformasi dan meningkatkan keterampilan guru madrasah untuk dapat menjawab kebutuhan masa depan. "Kami juga menggandeng sejumlah mitra, seperti Microsoft, Intel, serta AWS," ungkap Ilham.

Baca juga: Seleksi Tilawatil Quran Nasional 2021 Siap Digelar di Maluku Utara 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani yang turut hadir mendampingi Menag menyambut baik rencana tersebut.

"Ini salah satu kabar baik bagi madrasah kami. Melihat mitra yang akan diajak seperti Microsoft, Amazon, dan lain-lain. Kami ingin anak-anak madrasah dapat memiliki cara pikir global, dan bertindak untuk lokal," ungkapnya.

"Kita akan coba tindak lanjuti diskusi ini dengan pertemuan selanjutnya untuk membicarakan hal-hal teknis. Semoga kita bisa berkerja sama untuk mewujudkan Madrasah 4.0," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini