Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajib Waspada, Inilah Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Sering Menyerang

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 620 2480753 wajib-waspada-inilah-gejala-awal-diabetes-tipe-2-yang-sering-menyerang-RdppCxNt79.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DIABETES tipe 2 menjadi salah satu penyakit silent killer yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala awalnya demi menghindari risiko komplikasi yang lebih parah.

Tanpa penanganan yang tepat dan cepat, penderita diabetes dapat mengalami berbagai komplikasi serius. Sebab, kadar gula darah tinggi yang terus-menerus bisa berakibat pada komplikasi yang parah dan terkadang mengancam jiwa.

Berbagai komplikasi yang mungkin dapat dialami yakni penyakit jantung, stroke, kerusakan saraf atau neuropati, masalah pada kaki, penyakit ginjal, gangguan penglihatan, hingga masalah seksual.

Lantas, apa saja gejala-gejala awal diabetes tipe 2? Berikut informasi lengkapnya dirangkum dari Medical News Today.

Diabetes

Sering buang air kecil

Gejala awal yang pertama yaitu sering buah air kecil. Hal ini terjadi karena ketika kadar gula darah tinggi, ginjal akan mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Inilah yang dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

Mudah merasa haus dan lapar

Gejala lainnya adalah merasa lebih mudah haus dan lapar. Gejala mudah haus sendiri merupakan akibat dari sering buang air kecil yang lambat laun bisa menyebabkan dehidrasi.

Kemudian, perasaan mudah lapar sendiri timbul karena penderita diabetes seringkali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi.

Merasa sangat lelah

Gejala awal lainnya yakni selalu merasa lelah. Sebab, penyakit diabetes tipe 2 ini memang berdampak pada tingkat energi seseorang dan membuat penderitanya merasa sangat lelah. Kelelahan ini dapat terjadi akibat tidak cukupnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Ini pula yang menyebabkan timbulnya perasaan selalu lapar.

 

Kesemutan hingga nyeri di tangan dan kaki

Penderita diabetes tipe 2 juga kadangkala merasa kesemutan, mati rasa, hingga nyeri di bagian tangan atau kaki. Hal ini disebabkan kadar gula darah yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan merusak saraf tubuh.

Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki. Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan mulai mengubah gaya hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini