Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AstraZeneca Kirim 8,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Antara, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 620 2480984 astrazeneca-kirim-8-4-juta-dosis-vaksin-covid-19-ke-indonesia-rz3780iG1h.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - AstraZeneca mengirimkan tambahan 8,4 juta dosis vaksin Covid-19 pada September sehingga sejumlah 26,6 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca telah berhasil dikirimkan ke Tanah Air.

Vaksin tersebut dikirimkan melalui perjanjian bilateral AstraZeneca dengan Pemerintah Indonesia, Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX), dan donasi dari negara-negara lain.

“Kami sangat senang telah ikut mengambil peran dalam memasok jutaan dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Indonesia, untuk mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional," ujar Company President AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Chon mengatakan sesuai dengan yang direncanakan, pihaknya terus mengirimkan jutaan dosis lainnya dan akan terus bekerjasama dengan pemerintah dalam menjalankan tugas yang penting tersebut, sehingga dapat membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi Indonesia.

Sejak peluncuran pertama di dunia di awal tahun 2021, vaksin Covid-19 AstraZeneca telah membantu mencegah ratusan ribu rawat inap dan membantu menyelamatkan puluhan ribu jiwa.

Baca juga: Kedatangan 705.300 Vaksin Astrazeneca, Pemerintah Percepat Vaksinasi Lansia

Dalam uji klinis, Vaksin Covid-19 AstraZeneca menunjukkan kemanjuran sampai 100 persen terhadap penyakit parah dan rawat inap akibat Covid-19 setelah dua dosis vaksin disuntikkan, dan bukti dunia nyata menunjukkan bahwa vaksin tersebut sekitar 80-90 persen efektif melawan penyakit parah akibat variants of concern atau varian virus yang diidentifikasi WHO sebagai varian yang memerlukan perhatian khusus.

Baca juga: 3,4 Juta Dosis Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Tiba di Indonesia Hari Ini

Follow Berita Okezone di Google News

Hingga saat ini, 1,3 miliar dosis vaksin AstraZeneca telah didistribusikan kepada lebih dari 170 negara global, dan sekitar dua pertiga dari dosis vaksin tersebut telah dikirim ke negara- negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah. Lebih dari 145 juta dosis vaksin telah didistribusikan melalui fasilitas COVAX.

AstraZeneca adalah perusahaan farmasi global pertama yang bergabung dengan COVAX pada Juni 2020 dan terus memasok vaksin Covid-19 secara global tanpa keuntungan selama masa pandemi melalui COVAX, dilengkapi dengan pengiriman langsung ke pemerintah.

Baca juga: 684.900 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia Hari Ini

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini