Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga DKI Jakarta Diminta Hemat Penggunaan Air Bersih

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 620 2481905 warga-dki-jakarta-diminta-hemat-penggunaan-air-bersih-OxyfTiShhG.jpg Wagub DKI Jakarta Riza Patria. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Saat ini, di Jakarta terus terjadi penurunan air tanah. Untuk itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengimbau warga untuk menghemat penggunaan air.

"Penurunan air tanah bahwa di Jakarta ini emang di bawah permukaan laut. Dan memang PAM ini, hanya bisa mencapai 62 persen, sisanya masyarakat masih mengambil dari pompa, jetpump dan sebagainya," ungkap Ariza di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Wiku: Virus Bukan Satu-Satunya Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19


Baca juga: 4 Kasus Perampokan di Warteg yang Bikin Heboh, Mayoritas Terekam CCTV

Meksipun demikian, Pemprov DKI sudah menyiapkan dengan PUPR, dari Serpong, Jatiluhur, serta Juanda untuk ke depan, agar bisa menyalurkan kebutuhan air bersih di DKI Jakarta.

Ariza menuturkan, apabila sudah tersalurkan maka penggunaan air tanah di Jakarta berkurang.

"Ya dong, kalau nanti sudah tersalurkan penggunaan air tanah akan berkurang, sesuai dengan penyaluran yang ada. jadi semakin banyak PAM menyalurkan air bersih, maka penyedotan air melalui pompa akan berkurang ya," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Politisi Partai Gerindra itu meminta agar warga dapat menghemat penggunaan air bersih.

"Kita minta ke semua warga Jakarta untuk menghemat Penggunaan air. harus dijaga air, sekalipun kita bukan di Timur Tengah, padang pasir yang sulit air, tapi tetap Kita harus menjaga lingkungan kita, salah satunya adalah memastikan kebutuhan air bersih agar dihemat dijaga," terangnya.

Ia pun menjelaskan, perlu adanya pengendalian dalam penggunaan air bersih. Baik skala rumahan maupun perhotelan.

"Perlu ada pengendalian tidak ada larangan. Semuanya diatur kebutuhan air tanah, agar semunya bisa memenuhi. Juga hotel apartemen, perkantoran, diatur kebutuhan air tanahnya. Kita minta bisa dihemat kebutuhan air bersih," tegas Ariza.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini