Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Manfaat Mandi untuk Kesehatan Mental, Tapi Airnya Harus Bersih Ya!

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 01 November 2021 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 620 2494625 4-manfaat-mandi-untuk-kesehatan-mental-tapi-airnya-harus-bersih-ya-Q7AR82OliN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi ini kita memang diharuskan untuk hidup bersih, menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Ketika berada di tempat umum, kita pun harus mengenakan masker untuk melindungi diri dan orang lain.

Tapi, ada juga pola hidup bersih yang harus dilakukan setelah berada di tempat umum yakni mandi. Mandi dengan air bersih menjadi salah satu bagian yang sangat penting di era pandemi ini.

Riset membuktikan, bahwa mandi dengan air bersih dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit serta rambut hingga dua kali lipat. Sayangnya, kualitas air bersih di Indonesia terus menurun yang disebabkan oleh eksploitasi air oleh manusia, limbah rumah tangga, kegiatan industri, maupun penuaan saluran pipa air.

Akibatnya, air yang mengalir dari air ledeng mungkin sekilas terlihat jernih, namun jernihnya air pun belum tentu menjamin keluarga aman dari zat dan mikroorganisme yang bisa menimbulkan penyakit.

CEO LiVION Lexander Volkman seperti dilansir dari Antara meyebutkan, kualitas air yang buruk dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gatal-gatal ataupun keracunan, yang disebabkan oleh adanya bakteri, kuman, zat kimia, logam berat atau bahan pencemar lainnya yang terdapat di dalam air.

Selain membersihkan, diri, mandi juga ternyata memiliki dampak yang positif bagi kesehatan mental Anda. Seperti dilansir dari berbagai sumber, Healthline ada beberapa manfaat mandi untuk kesehatan mental Anda.

Mengendurkan otot yang tegang

Pikiran yang stres dan perasaan cemas tanpa disadari dapat menegangkan otot-otot dalam tubuh. Namun, dengan mandi air hangat, hal itu dapat mengendurkan otot-otot yang tegang akibat stres dan perasaan cemas tadi. Pada gilirannya, mandi air hangat ini membantu merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

Menenangkan pikiran

Tidak hanya dengan air hangat, mandi menggunakan minyak-minyak esensial juga dapat membuat pikiran Anda lebih rileks dan tenang. Cobalah pertimbangkan untuk meneteskan minyak esensial ke dalam bak mandi.

Anda bisa mencoba beberapa aromaterapi yang menenangkan dan mengurangi kecemasan seperti chamomile, clary sage, dan jeruk bergamot, dan lavender. Anda juga bisa menggunakan sabun mandi yang mengandung minyak esensial tersebut agar kegiatan mandi Anda menjadi menyenangkan dan menenangkan.

 

Meningkatkan suasana hati

Mandi air hangat memberikan perasaan yang tenang dan nyaman. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan suasana hati Anda yang sebelumnya tegang atau buruk. Memadukan mandi dengan air hangat dan aromaterapi, bisa menjadi ide yang bagus.

Tidur Nyenyak

Tahukah Anda, bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sebab, pada malam hari, suhu tubuh kita turun secara alami, dan ini berkontribusi pada produksi melatonin atau hormon tidur.

Namun, berendam air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda dan menurunkannya dengan lebih cepat, sehingga memicu produksi melatonin yang dapat merangsang Anda untuk tidur. Nah, seperti yang kita tahu, bahwa mendapatkan kualitas tidur yang baik juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini