Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompetisi Sains Madrasah 2021 Telah Usai, Ini Provinsi yang Jadi Juara Umum

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 620 2496180 kompetisi-sains-madrasah-2021-telah-usai-ini-provinsi-yang-jadi-juara-umum-NvVhFBmvop.jpg Ilustrasi Kompetisi Sains Madrasah. (Foto: Kemenag)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) telah mengumumkan hasil Kompetisi Sains Madrasah 2021 pada 30 Oktober lalu. Hasil KSM Nasional dipublikasikan melalui Portal Resmi KSM.

Provinsi Jawa Timur menjadi juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 setelah berhasil meraih 5 medali emas dan 3 medali perak. Lima medali emas itu diraih pada bidang studi Matematika Terintegrasi (MI/SD), IPA Terintegrasi (MI/SD), Matematika Terintegrasi (MTs/SMP), IPA Terpadu Terintegrasi (MTs/SMP), dan Fisika Terintegrasi (MA/SMA).

Baca juga: Kisah Haru Ibu Neneh Hasanah, 68 Tahun Tak Kenal Lelah Mengajar di Madrasah 

Sementara 3 medali perak seluruhnya diraih pada jenjang MA/SMA untuk bidang studi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, serta Ekonomi Terintegrasi. Demikian dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (3/11/2021).

Menyusul di urutan kedua Provinsi Gorontalo dengan 4 medali emas dan 3 medali perak. Sementara Provinsi DKI Jakarta menempati urutan ketiga dengan 4 medali emas, 1 medali perak, dan 5 medali perunggu.

"Selamat untuk Provinsi Jawa Timur yang menjadi juara umum KSM 2021," ucap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Muhammad Isom Yusqi di Jakarta.

Ia mengatakan, KSM diikuti 374 siswa yang lulus seleksi di 34 provinsi. Mereka adalah para siswa terbaik tingkat provinsi untuk setiap bidang studi yang dilombakan.

Baca juga: Teliti Kulit Bawang dan Biji Bengkoang, Siswa Madrasah Ini Raih Juara Internasional 

Ada 11 bidang studi yang dilombakan dalam KSM 2021. Dua bidang studi untuk jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Total ada 68 siswa MI yang ikut ambil bagian di KSM Nasional.

Untuk jenjang MTs, ada tiga bidang studi yang dilombakan adalah Matematika Terintegrasi, serta IPA dan IPS Terpadu Terintegrasi. Total peserta 102 siswa.

Sedangkan untuk jenjang MA ada enam bidang studi lomba, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi. Jenjang ini diikuti 204 siswa.

Setiap bidang studi disediakan 15 medali. Jumlah ini terdiri dari 3 medali emas, 5 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Baca juga: Masya Allah, Siswa Tunanetra Madrasah Ini Juara Kompetisi Sains Internasional 

"Jadi untuk 11 bidang studi, total ada 165 medali yang diperebutkan, terdiri atas 33 medali emas, 55 medali perak, dan 77 medali perunggu," papar Isom.

"Para peraih medali akan mendapat dana Bantuan Studi Apresiasi Prestasi Pemenang KSM dari Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam," sambungnya.

Dia menerangkan, penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, Siswa Madrasah hingga Dosen Dapat Paket Internet 

Soal KSM menggunakan tiga bahasa yakni Indonesia, Arab, dan Inggris sebagai persiapan go international di masa mendatang.

"Peringkat pemenang ditentukan dengan penilaian yang sudah tercantum di juknis KSM 2021 serta merupakan nilai tertinggi dari peserta yang lain," ungkapnya.

Jika ada nilai yang sama, lanjut Isom, maka penentuan yang terbaik dengan memerhatikan lima hal berikut: (1) Nilai benar CBT Nasional terbanyak, (2) Nilai salah CBT Nasional tersedikit, (3) Nilai Provinsi tertinggi, (4) Nilai Kab/Kota tertinggi, dan (5) Umur termuda.

"Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo menjadi yang terbanyak meraih medali, 3 medali emas dan 3 medali perak," jelas Isom.

Baca juga: Dana Insentif Guru Non-PNS Madrasah Segera Cair, Catat Waktunya 

"Urutan kedua, ada SMA Cahaya Rancamaya Bogor dengan 2 medali emas dan 1 medali perunggu. Disusul pada urutan ketiga ada MAN Insan Cendekia Serpong dengan 2 medali emas," lanjutnya.

KSM tingkat nasional ini berlangsung dua hari, 23–25 Oktober 2021. KSM dilaksanakan secara nasional serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional. KSM Nasional digelar secara luring dengan peserta dikumpulkan di lokasi yang ditetapkan Kanwil Kemenag Provinsi masing-masing.

Baca juga: Viral Jamaah Pengajian Pulang Bawa Seember Sembako, Tuan Rumahnya The Real Sultan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini