Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produk Skincare Vegan Makin Jadi Tren, Gak Membuat Alergi?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 620 2496491 produk-skincare-vegan-makin-jadi-tren-gak-membuat-alergi-1zOSOHlo0x.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

TIDAK hanya makanan, produk vegan makin mudah ditemui di pasaran, termasuk skincare. Dengan label vegan biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan produk skincare pada umumnya.

Hal ini karena produk skincare vegan menggunakan bahan-bahan yang cenderung bersifat organik dan natural. Begitu juga dengan proses pembuatannya.

Secara umum, produk skincare vegan adalah produk skincare yang berarti tak mengandung bahan hewani atau produk olahan hewani seperti madu, lilin lebah (beeswax), lanolin, gelatin, kolagen, carmine, squalene, stearic acid, dan kolesterol yang diambil dari hewan.

Skincare Vegan

Maka dari itu, keunggulan utama dari produk vegan, sudah pasti lebih ramah lingkungan dan mengurangi tindak kekejaman terhadap hewan. Produk yang beraasal dari tanaman juga punya banyak benefit karena tanaman memiliki mengandung banyak vitamin dan antioksidan.

Baca Juga : Pandemi Buat Banyak Orang Lebih Peduli Kandungan Skincare

Dengan label vegan dan keunggulan yang diklaim, tak dipungkiri sebagian orang mungkin langsung berpikir jika produk skincare berlabel vegan ini sudah pasti tidak akan menimbulkan iritasi atau alergi.

Baca Juga : Cek Fakta: Skincare Jadi Cara Obati Autoimun Kulit

Seperti dijelaskan dr. Arini Widodo, SpKK, dermatologist dan peneliti, produk vegan bukan berarti otomatis bebas potensi alergi loh!

“Pemahaman yang sering salah bahwa produk vegan tidak menyebabkan iritasi ataualergi. Produk vegan atau produk yang berasal dari tanaman (plant based) tetap memiliki potensi menyebabkan alergi dan iritasi,” ujar dr. Arini, dalam acara gathering daring baru-baru ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk meminimalisasi kemungkinan alergi, label vegan justru dinilai masih kurang tepat. Dokter Arini menyarankan, jika memang individual tersebut adalah orang yang memiliki alergi atau punya tipe kulit sensitif. Maka pilih produk skincare dengan label hipoalergenik

“Untuk mengurangi potensi alergi, pemilihan label hipoalergenik lebih tepat dari pada label vegan pada skincare. Untuk mengurangi potensi berjerawat akibat skincare, lebih tepat memilih label non komedogenik,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, masyarakat sebaiknya memahami kalau label vegan pada produk skincare bukan berari produk tersebut efektif untuk semua jenis dan kondisi kulit setiap orang.

“Label vegan tidak menjadi identitas untuk tekstur skincare atau menjamin efektivitas skincare. Butuh penelitian objektif untuk membuktikan efektivitas dan efikasi sebuah skincare. Tiap jenis kulit memiliki kebutuhan skincare yang berbeda,” pungkas dr. Arini

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini