Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petani Milenial Berperan Penting Lakukan Terobosan di Sektor Pertanian

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 620 2499141 petani-milenial-berperan-penting-lakukan-terobosan-di-sektor-pertanian-2UDWbJgUjE.jpg Petani Milenial (Foto: Dokumentasi Kementan)
A A A

JAKARTA - Transformasi pertanian ke arah digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan dan dipercaya dapat membantu percepatan perkembangan sektor pertanian.

Dalam hal ini, petani milenial mempunyai peran yang penting untuk melakukan terobosan di sektor pertanian.

“Saya berharap inovasi dan terobosan antara lain melalui reformasi pertanian, intensifikasi produksi, dan peningkatan akses pasar, menjadi upaya nyata yang harus diimplementasikan pelaksanaannya di lapangan secara konsisten untuk mewujudkan kesejahteraan petani," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo Septriana Tangkary dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Melihat Petani Milenial yang Sukses dengan Teknologi

Wakil Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Syam Arjayanti mengatakan bahwa pembangunan di sektor pertanian dibutuhkan dukungan dari sumber daya manusia pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

“Adapun inovasi yang membedakan petani milenial dan konvensional tercermin dari matangnya perencanaan bisnis serta kemampuan menganalisa peluang, sehingga tidak menggantungkan diri kepada pemerintah,” kata Syam.

Follow Berita Okezone di Google News

Petani Kreatif Sambung Ganda Gaib Asih Santoso menambahkan, persepsi generasi muda yang beranggapan bertani itu tidak keren, penghasilan kecil dan tidak tentu, tidak ada jaminan masa depan, kotor dan tidak rapi tentu saja harus diubah.

“Menjadi petani itu tidak hanya memberi kebaikan untuk yang dekat tapi manfaat kebaikannya dapat dirasakan masyarakat lebih luas, contohnya seperti dengan bercocok tanam dapat berkontribusi untuk memberikan oksigen,” jelas Gaib.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini