Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamenag Sebut Afirmasi untuk Madrasah Swasta Terus Dikembangkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 620 2500010 wamenag-sebut-afirmasi-untuk-madrasah-swasta-terus-dikembangkan-H2B4BNJxHy.jpg Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: Kemenag)
A A A

WAKIL Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya memberikan afirmasi terhadap madrasah swasta. Hal ini ditegaskan Wamenag saat mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan pada pembukaan Seminar Nasional Penjaminan Mutu Madrasah Swasta.

Ia melanjutkan, afirmasi Kemenag dalam pembangunan madrasah, khususnya madrasah swasta, harus tetap dijaga, dipertahankan, dan terus dikembangkan.

Baca juga: Kisah Haru Ibu Neneh Hasanah, 68 Tahun Tak Kenal Lelah Mengajar di Madrasah 

"Sebab, madrasah swasta bukan saja sebagai mitra strategis pemerintah, juga merupakan cikal-bakal pendidikan di Indonesia," ujar Wamenag dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Kamis (11/11/2021).

Menurut dia, lebih dari 92 persen madrasah binaan Kemenag adalah swasta. Hal ini menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat dalam pembangunan manusia Indonesia.

Selama ini madrasah menjadi salah satu pilar pendidikan nasional, dan turut berkontribusi besar terhadap pembangunan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Teliti Kulit Bawang dan Biji Bengkoang, Siswa Madrasah Ini Raih Juara Internasional 

Selain itu, madrasah swasta turut berperan dalam menyiapkan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Serta berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Karenanya, afirmasi menjadi keharusan," terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selama pandemi covid-19 berlangsung, tepatnya di awal tahun 2020, membuat tantangan yang berat bagi dunia pendidikan. Salah satunya yakni terkait learning loss, situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan atau kemunduran secara akademis akibat kesenjangan dan keterbatasan dalam penyelenggaran proses pendidikan.

Baca juga: Masya Allah, Siswa Tunanetra Madrasah Ini Juara Kompetisi Sains Internasional 

Guna mengatasi hal ini, kata Wamenag, diperlukan upaya mengoptimalkan berbagai inovasi, kreativitas, dan kegiatan-kegiatan di luar rutnitas agar dapat menanggulangi dan percepatan pencapaian target yang telah ditetapkan bersama.

"Kami berharap tindak lanjut dari seminar ini benar-benar segera dilaksanakan dengan penuh keseriusan dan komitmen yang tinggi untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Kementerian Agama, yang tertuang dalam Renstra Kementerian Agama 2020-2024," pungkasnya.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, Siswa Madrasah hingga Dosen Dapat Paket Internet 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini