Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Transformasi Ekonomi Indonesia demi Jadi Negara Maju di 2045

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 620 2507163 pentingnya-transformasi-ekonomi-indonesia-demi-jadi-negara-maju-di-2045-BfRFgK1FpU.jpg Transformasi Ekonomi Indonesia (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Transformasi ekonomi Indonesia harus dipercepat supaya mampu menjadi game-changers menuju Indonesia Maju 2045. Di mana visi 2045, Indonesia menjadi ekonomi terbesar kelima secara global.

Capaian ini pun membutuhkan investasi dalam pengetahuan dan inovasi untuk mengatasi masalah kebijakan penting seperti penanggulangan Covid-19. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Kementeriannya telah menyusun enam strategi besar mewujudkan Indonesia 2045.

“Pandemi telah mendisrupsi kehidupan kita, tetapi juga mendorong percepatan perubahan untuk melakukan kemajuan ke depan. Tantangan ini tidak bisa lagi dilakukan dengan cara-cara lama. Maka, tidak ada cara lain kecuali dilakukan sebuah transformasi ekonomi yang memperhitungkan keadaan dunia. Kolaborasi triple helix antara pemerintah, swasta, dan lembaga riset menjadi penting untuk bisa menjawab kebutuhan kompleksitas ekonomi ke depan, didorong oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Suharso, Kamis (25/11/2021).

Sri Mulyani: Ekonomi Tumbuh di Atas 8%, RI Jadi Negara Maju

Untuk mewujudkan ekonomi pengetahuan di Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memainkan peran penting dalam menetapkan arah penelitian dan pengembangan negara.

Follow Berita Okezone di Google News

Plt Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN Edy Giri menjelaskan BRIN akan memprioritaskan sektor iptek untuk investasi jangka panjang.

“BRIN akan menciptakan fondasi berbasis penelitian yang kuat dan berkelanjutan yang berfokus pada ekonomi digital, hijau, dan biru,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini