Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! DBD Serang Majalengka

Inin Nastain, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 620 2512731 awas-dbd-serang-majalengka-8JRswoexoO.jpg Nyamuk aedes aegypti. (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat masih mengkhawatirkan. Berdasarkan kategori usia, jumlah anak-anak terserang DBD cukup tinggi.

Di RSUD Cideres, Dawuan, Majalengka, dalam 3 bulan terkahir terdapat kenaikan kasus DBD. November kemarin kasus DBD sebanyak 28 orang.

"Dilihat dari kunjungan pasien yang dirawat di kami, memang terjadi peningkatan kasus DBD," kata Kasi Pelayanan Medis RSUD Cideres Majalengka Pujianto, Senin (6/12/2021).

Untuk bulan Desember, kasus DBD kembali bertambah. Anak-anak tercatat mendominasi kasus DBD pada Desember.

"Jadi baru enam hari di bulan Desember 2021 ini, sudah ada 9 pasien DBD yang dirawat di kami. 6 anak-anak dan 3 dewasa," jelas dia.

Baca juga: Belasan Warga Bogor Terjangkit DBD, 2 Meninggal

Dijelaskannya, dalam kurun waktu tiga bulan, satu orang pasien DBD meninggal dunia. Pasien meninggal itu diketahui masih berusia anak-anak.

"Iya ada satu pasien meninggal usia tiga tahun," jelas dia.

Di RSUD Majalengka, dalam kurun waktu tiga bulan, kasus DBD terjadi tertinggi pada Oktober lalu. Pada bulan itu, tercatat sebanyak 35 kasus DBD yang diterima RS itu.

Jumlah kasus pada Oktober itu mengalami kenaikan tinggi dibanding September yang hanya di angka 9 kasus. Untuk November lalu, kasus DBD di RSUD Majalengka sebanyak 29 orang.

"Untuk bulan Desember ini belum ada data rinciannya," kata Dirut RSUD Majalengka Erni Harleni.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini