Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alat Rapid Test Berlabel Positif dan Negatif Sudah Dimuat Virus, Benarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 620 2513956 alat-rapid-test-berlabel-positif-dan-negatif-sudah-dimuat-virus-benarkah-KyJ7OyN1Vg.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

MEDIA sosial baru-baru ini dihebohkan oleh infromasi yang beredar mengenai rapid test. Isu yang beredar di Facebool itu menunjukkan foto kemasan alat rapid test yang berlabel positif negatif.

Selain itu alat dalam tes tersebut juga diklaim telah dimuat virus sehingga pada label sudah dipastikan hasil tesnya. Lantas, benarkah kabar tersebut?

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (8/12/2021), memastikan bahwa informasi tersebut salah atau hanyalah hoax belaka.

KPCPEN menjelaskan bahwa label pada kemasan alat test tersebut untuk memastikan reagen dalam sampel pengujian dilakukan dengan benar. Bukan berarti hasil positif atau negatif dari tes Covid-19 seperti yang dijelaskan dalam unggahan media sosial.

Cek Fakta

Baca Juga : Dokter Terus Ingatkan, Alat Rapid Test Hanya Bisa Sekali Pakai!

Melansir dari Reuters, alat tes pada unggahan tersebut merupakan jenis Panbio Covid-19 Ag. Yang dimaksud dengan kontrol positif dan negatif secara khusus diformulasikan dan dibuat untuk memastikan kinerja Panbio Covid-19 Ag Rapid Test Device.

Baca Juga : Viral Poster Film 1963 Disebut Bukti Omicron Rekayasa, Ini Faktanya!

Ini digunakan untuk memverifikasi kemampuan pengguna dalam melakukan pengujian dan menginterpretasikan hasilnya dengan benar. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk tidak ragu memeriksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini