Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun Dimulai, Orang Tua Diminta Tidak Takut

Isty Maulidya, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 620 2516564 vaksinasi-covid-19-anak-6-11-tahun-dimulai-orang-tua-diminta-tidak-takut-CoUqfQX8Ca.jpg Ilustrasi vaksin anak. (Foto: Freepik)

TANGERANG - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021). Orang tua diimbau untuk tidak takut dan ragu anak-anaknya mengikuti vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dinilai aman untuk dilakukan. Pasalnya, pemberian vaksin covid-19 pasa usia 6-11 tahun sudah melalui kajian yang matang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menjelaskan, vaksin untuk anak ini telah mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatioon (ITAGI).

Baca juga: Ratusan Anak Usia Dini di Jaksel Divaksinasi Covid-19 Hari Ini


Baca juga: Jumlah Daerah PPKM Level 1 Jawa Bali Meningkat Jadi 46, Jatim Terbanyak

“Kementrian sudah memberikan keputusan untuk memulai vaksinasi usia 6-11 tahun. Semua telah dipastikan dari sisi keamananya, serta manfaat perlindungan yang akan didapat. Jadi jangan ragu, untuk putra putrinya segera divansin,” imbaunya.

Dia menuturkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ditujukan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi. Mencegah penularan anggota keluarga dan saudaranya, yang belum dapat divaksinasi atau mempunyai risiko terinfeksi.

“Pastinya, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisasi penularan di sekolah atau satuan pendidikan. Terlebih mempercepar tercapainya herd immunity,” paparnya.

Sementara itu, diketahui vaksin yang digunakan pada pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun ialah jenis Sinovac. Hal ini telah mendapat rekomendasi EUA BPOM dan ITAGI. “Pemberian dilakukan sesuai standar yang ditetapkan, yaitu takaran dosis hingga interval vaksin sama yaitu 28 hari, layaknya vaksinasi orang dewasa,” kata dr Dini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini