Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Umrah Perdana Berangkat 23 Desember, Kemenag Masih Matangkan Teknis Karantina

Widya Michella, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 620 2516569 umrah-perdana-berangkat-23-desember-kemenag-masih-matangkan-teknis-karantina-bV6Ies9HYA.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan berbagai persiapan jelang pemberangkatan umrah perdana tanggal 23 Desember 2021. Umrah ini diperuntukkan untuk pimpinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Kementerian Agama terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak lintas sektoral dan para asosiasi untuk memastikan rencana keberangkatan umroh tanggal 23 Desember 2021," kata Direktur pada Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nur Arifin saat dihubungi MNC Portal, Senin,(13/12/2021).

"Termasuk baru saja kami rapat dengan para asosiasi juga dengan KJRI Jeddah tentang persiapan teknis keberangkatannya,"ucap dia.

Baca juga: Umrah Gelombang Pertama Bakal Berangkat pada 23 Desember 2021


Baca juga: Jamaah Umrah Tak Kunjung Diberangkatkan, Ini Kata Kemenag

Kemenag bersama asosiasi telah mendata secara rinci jumlah jamaah yang akan berangkat dan kini sudah memenuhi 1 kloter. Berikut, koordinasi pemesanan tiket pesawat, visa, proses karantina baik di Arab Saudi maupun di Indonesia.

Terutama di Arab Saudi, jamaah yang menggunakan vaksin selain yang diakui oleh Arab Saudi yaitu Astrazeneca, Pfizer, Johnson & Johnson, dan Moderna, dilakukan karantina selama 3 hari.

Selain itu, Kemenag juga turut berkoordinasi dengan KJRI Jeddah tentang bagaimana proses karantina dan apakah karantina dilaksanakan di Jeddah, Mekkah, atau Madinah.

Kemenag turut berkoordinasi untuk menentukan apakah umrah dilaksanakan dengan maskapai atau oleh travel serta banyak hal yang berkaitan di Indonesia, seperti SOP karantina 1 hari, 1x24 jam sebelum keberangkatan di asrama haji pondok gede Jakarta.

Arifin menyampaikan Kemenag juga membahas screening kesehatan secara rinci. Serta rencana kepulangan karantina di Indonesia selama 10 hari, apakah harus di hotel karantina dan sebagainya.

"Kita terus lakukan koordinasi secara teknis, sehingga hari-hari ini kami berpacu dengan waktu untuk mensukseskan umroh perdana tgl 23 Desember 2021. Mohon doa semuanya, agar rencana ini lancar dalam ridho Allah SWT," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini