Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, 5 Penyakit Ini Paling Sering Dialami Orang saat Naik Gunung

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 620 2516732 waspada-5-penyakit-ini-paling-sering-dialami-orang-saat-naik-gunung-hojHdVpTfV.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

HOBI naik gunung sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang. Tak hanya mengenal alam lebih dekat, naik gunung juga merupakan bagian dari olahraga karena kita terus aktif bergerak.

Namun, naik gunung tidak melulu soal menikmati keindahan alam ketika sudah berada di puncak. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan fisik dan mental yang kuat. Karena jika tidak, biasanya orang akan jatuh sakit sebelum ia tiba di puncak.

Kira-kira penyakit apa saja yang biasanya dialami seseorang ketika naik gunung? Mengutip akun Instagram @ayodolan pada Selasa (14/12/2021), berikut adalah beberapa jenis penyakit yang umum dialami ketika naik gunung.

Hipoksia

Pendaki Gunung

Penyakit ini biasanya muncul ketika seseorang mencoba untuk mendaki gunung es. Jadi, disarankan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian gunung es. Jadi, kita bisa tahu seberapa kuat tubuh untuk menahan cuaca yang ekstrim.

Baca Juga : Kabut Asap Makin Berbahaya, Dokter Khawatirkan Masyarakat Alami Hipoksia

Mountain Sickness

Mountain sickness merupakan penyakit yang diawali dengan gejala pusing, sesak napas, mual, tidak ingin makan, serta jantung berdebar. Jika Anda mengalami hal ini, istirahatlah selama 1-2 hari dan buat tubuh senyaman mungkin. Jika kondisi makin memburuk, bawa ke lokasi yang lebih rendah.

Baca Juga : Berbagai Macam Penyakit Ketinggian yang Dapat Dialami Pendaki

Frostbite

Frostbite merupakan penyakit yang biasa dialami seseorang ketika naik gunung. Tanda-tandanya adalah kulit padat putih keabu-abuan, bagian yang terkena terasa mati rasa, dan jaringan kulit yang mengeras. Penanganannya, Anda bisa bungkus bagian tubuh dengan kain kering, kemudian rendam dengan air panas.

Hypothermia

Hypothermia terjadi ketika seseorang tidak kuat menahan dingin. Gejalanya seperti tubuh menggigil, kedinginan, pucat, kulit kering, jatuh kesadaran, napas menjadi pelan dan pendek. Penanganannya, ciptakan lingkungan hangat dalam tenda dan pastikan pakaiannya kering, balur tubuh menggunakan minyak penghangat, masukkan ke dalam sleeping bag yang sebelumnya sudah dihangatkan, konsumsi makanan dan minuman hangat.

Heat Cramps

Heat cramps merupakan penyakit yang umum terjadi saat seseorang naik gunung yang diawali dengan gejala kram secara tiba-tiba, serta otot yang menjadi keras dan sulit digerakkan. Penanganannya coba istirahatkan dan tenangkan tubuh, serta konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung garam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini