Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saling Tolong Menolong di Masa Pandemi Pengaruhi Tren Busana 2022

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 620 2520127 saling-tolong-menolong-di-masa-pandemi-pengaruhi-tren-busana-2022-ohGUYepRB4.jpg Chairman IFC Ali Charisma (Foto: IG/@alicharisma)

FASHION bukan sekadar busana yang tercipta dari ide sang desainer. Fashion bisa juga dijadikan 'suara' dari isu yang tengah berkembang. Bahkan, tren fashion bisa juga dipengaruhi oleh kondisi dan situasi. Seperti pandemi Covid-19, situasi tersebut ternyata memberi dampak pada tren fashion 2022 mendatang.

Menurut National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma, tren fashion 2022 akan banyak terinspirasi dari sifat saling tolong menolong masyarakat di masa pandemi Covid-19. Apa maksudnya?

Tren Busana

Tak bisa dipungkiri, di masa pandemi banyak sekali orang yang saling membantu. Jiwa sosial dan empati terbentuk dengan sangat kuat di masa sulit seperti sekarang.

"Dan pada fashion, output-nya akan terlihat pada koleksi yang sifatnya merunduk, down to earth begitu. Ini terbaca dari warna-warna yang akan ke arah earth tone atau warna alam," kata Ali saat diwawancarai usai Fashion Parade HUT IFC Ke-6 di Istora Senayan GBK, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga : Desainer Kursien Karzai Suarakan Perbaikan Alam lewat Koleksi Fashionnya

Tak hanya itu, pasar lokal akan semakin berkembang di 2022 dan ini pun buah dari sifat tolong menolong yang semakin banyak dilakukan masyarakat saat pandemi Covid-19. Makanya, kata Ali, jangan heran nanti 2022 jenama lokal malah akan banyak bermunculan.

Desainer Ali Charisma

Terlebih, sekarang ini masyarakat khususnya pencinta fashion semakin paham dan mengerti pentingnya belanja produk lokal. Ditambah sifat ingin membantu tersebut.

"Karena mau bantu teman atau orang terdekat, alhasil akan berdampak pada tingginya penggunaan produk lokal di sisi mode. Pasar fashion lokal akan kencang diminati masyarakat di 2022," terang Ali cukup optimis.

"Contohnya begini, daripada saya beli pakaian di mall misalnya yang tidak tahu siapa yang buat bajunya, ya, mending saya bikin sama teman yang bisa bikin baju. Selain bisa punya baju, tapi keinginan untuk membantu juga didapat," tambah Ali.

Baca Juga : 4 Tren Fashion Ramah Lingkungan Selama 2021

Sementara itu, soal gaya busana tren 2022 menurut Ali akan banyak ke arah traveling dan sport. Jadi, gaya resort, leisure, sportswear itu akan cukup mendominasi gaya fashion 2022.

"Ini karena orang sudah tidak lagi WFH dan sudah banyak yang kembali beraktivitas termasuk berolahraga dan jalan-jalan. Itu kenapa sportswear dan resort look akan banyak keluar di 2022," papar Ali Charisma.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini