Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Peringatkan Vaksinasi Mingguan Guna Cegah Lockdown, Ini Faktanya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 620 2520771 ilmuwan-peringatkan-vaksinasi-mingguan-guna-cegah-lockdown-ini-faktanya-0Gk3j2kgh0.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

BARU-baru ini beredar unggahan di media sosial dari salah satu tangkapan layar dengan judul artikel berita yang tertulis 'Ilmuwan Pfizer Memperingatkan Vaksinasi Mingguan untuk Varian Omicron Mungkin Diperlukan untuk Mencegah Lockdown'.

Dengan cepat kabar ini beredar di masyarakat yang menimbulkan banyao sekali pertanyaan. Lantas apakah informasi ini benar, atau hanyalah hoax semata?

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (22/12/2021), memastikan bahwa informasi yang sedang viral di masyarakat tersebut tidak benar atau hoax.

Baca Juga : Cek Fakta: Alat Swab Tes Bisa Sebabkan Kanker?

Faktanya, perwakilan perusahaan Pfizer, Keanna Ghazvini mengklarifikasi bahwa ilmuwa Pfizer tidak pernah memberikan peringatan tersebut. Hasil penelusuran ditemukan bahwa artikel berita tersebut berasal dari situs bernama Thestonkmarket.com.

Cek Fakta

Situs tersebut berisikan konten-konten lelucon bergaya satire. Dengan begitu dapat diketahui artikel berita tersebut hanyalah lelucon.

Baca Juga : Viral Munculnya Omicron Disebut Sudah Dijadwalkan WHO, Begini Faktanya!

Oleh sebab itu masyarakat diimbau tidak mudah percaya, serta tidak ragu-ragu untuk memeriksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini