Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Serahkan Sertifikat Keselamatan ke Nelayan, Ini Manfaatnya

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 620 2521951 kemenhub-serahkan-sertifikat-keselamatan-ke-nelayan-ini-manfaatnya-4yQxXUT6pZ.jpg Kemenhub Serahkan Sertifikat Keselamatan ke Nelayan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyerahkan Sertifikat Pelatihan Keselamatan Dasar Kapal Layar Motor/BST KLM dan Surat Keterangan Kecakapan/SKK 30 Mil kepada nelayan dan pekerja laut tradisional di Lampung.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Hendri Ginting mengatakan pihaknya bersama Politeknik Pelayaran Banten telah melaksanakan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tentang keselamatan transportasi kepada 120 masyarakat Provinsi Lampung yang terdiri dari awak kapal penangkap ikan tradisional (nelayan) maupun awak kapal wisata tradisional.

“Pemerintah berharap dengan meningkatnya kompetensi dan kemampuan masyarakat dapat memberikan kontribusi luas terhadap program pemerintah mewujudkan keselamatan pelayaran di Lampung serta mendukung terciptanya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," kata Hendri dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Jumat (24/12/2021).

 

Baca Juga: Nelayan di Sangihe Sulut Diminta Waspadai Gelombang Tinggi saat Melaut

Menurut dia, kegiatan DPM ini sejalan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam mengatasi pengangguran dengan memberikan pelatihan pra kerja sebagai bentuk hadirnya negara atau lemerintah di tengah masyarakat, di mana pemerintah telah mencanangkan Program Prioritas Nasional antara lain Pembangunan Manusia dan Pengentasan Kemiskinan.

Seperti diketahui, Provinsi Lampung terutama di wilayah pesisir sangat banyak potensi kelautan yang ada, baik dari sisi wisata maupun sumber daya alam berupa ikan. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk melaut.

Dengan demikian, peningkatan keterampilan dan keahlian bidang kepelautan sangatlah dibutuhkan agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan di bidang kepelautan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya, serta membudayakan dan meningkatkan keselamatan transportasi sehingga dapat meminimalisasi kecelakaan dalam bertransportasi.

Pada kesempatan ini, selain penyerahan sertifikat juga dilaksanakan pembagian alat keselamatan kapal berupa jaket pelampung keselamatan secara gratis guna mendukung keselamatan di laut.

"Pelampung keselamatan ini merupakan persembahan dari instansi maritim Panjang sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dari instansi maritim Panjang untuk masyarakat Provinsi Lampung” kata Hendri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini