Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenis Masker untuk Cegah Penularan Omicron Rekomendasi Pakar Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 620 2522007 jenis-masker-untuk-cegah-penularan-omicron-rekomendasi-pakar-kesehatan-16QzM9wXQ5.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

VARIAN Omicron terus menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Kasus Omicron di Indonesia sendiri kini sudah ada 8 pasien. 

Varian Omicron memang tengah menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia. Hal ini karena mutasi Covid-19 asal Afrika Selatan ini penularannya 500 persen lebih cepat dari varian Delta. Lantas adakah rekomendasi jenis masker untuk mencegah penularannya?

Masker Ganda

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker double saat bepergian atau mengunjungi fasilitas publik. Sebab hingga saat ini masker masih efektif untuk melindungi.

"Jika kuat boleh pakai masker double, dalamnya pakai masker medis, luarnya pakai masker kain yang penting menutup dari hidung sampai bawah dagu. Harus benar-benar dipakai, jangan sampai sesak kemudian dibuka," kata dr. Fajri, dalam wawancara eksklusif dengan iNews, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga : 8 Kasus Omicron Ditemukan di Indonesia, Pemerintah Perketat Pintu Masuk

Baca Juga : Studi: Vaksin Booster Sinovac Kurang Kuat Lawan Omicron

Ia melanjutkan bahwa saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai berkurang. Kondisi ini justru membuat banyak masyarakat yang berhenti menggunakan masker. Fenomena ini banyak sekali terjadi terutama di restoran. Padahal kondisi ini sangat berisiko tinggi.

"Pakai masker kain atau masker medis, tapi jangan lupa pilih masker yang baik menutupnya dan kencang. Kalau bisa masker yang tiga lapis karena mengandung bahan-bahan tertentu dengan kerapatan tertentu," tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini