Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Sosok Anak Muda Inspiratif Bantu Sesama Ringankan Dampak Pandemi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 620 2523097 3-sosok-anak-muda-inspiratif-bantu-sesama-ringankan-dampak-pandemi-YU7ZjJCL4q.jpg Alyaa Irbah. (Foto: Dok Pribadi)

TAK hanya para tenaga kesehatan yang menjadi pahlawan di garda terdepan, berbagai elemen masyarakat terjun langsung berkontribusi ke masyarakat meringankan beban akibat dampak pandemi. Tak jarang mereka adalah anak muda yang punya inisiatif berguna untuk membantu masyarakat di sekitarnya.

CEO Rukita Sabrina Soewatdy mengatakan, para anak muda yang ikut berjuang melawan pandemi patut diapresiasi. Mereka adalah pahlawan pandemi yang memiliki inisiatif-inisiatif positif dalam membawa perubahan baik di sekitarnya.

"Kami pun mengapresiasi para milenial yang memiliki inisiatif untuk berbuat baik terhadap sesama selama pandemi ini dan menginspirasi banyak orang," ujarnya dalam keterangan Home For Heroes.

Nah, ketiga orang ini adalah contoh dari sebagian anak muda yang berjiwa dermawan. Siapa saja?

Muhammad Alif Maulana

 alif

Mahasiswa 23 tahun ini menjadi inisiator program ‘Cebanan’ (Charity Tanpa beban) yang menerima unit Rukita RKBM Gandaria Jakarta Selatan. Ia mengajak rekan-rekannya di kampus dan lingkungan tinggalnya di Tangerang untuk

bersama-sama mengumpulkan donasi untuk diberikan kepada orang-orang tidak mampu  di sekitar Tangerang dan Jakarta. Donasi diberikan kepada para fakir miskin di jalanan ,  pemulung keliling, hingga panti asuhan yang disebarkan bersama teman-temannya.

Baca Juga: Kasus Omicron di RI Jadi 46, Hindari Liburan ke Luar Negeri

Alif mengungkapkan bahwa, jika kita ingin berbuat kebaikan tidak perlu diukur dari besar  kecilnya bantuan kita, tapi apapun yang kita berikan asal bermanfaat akan sangat membantu mereka-mereka yang membutuhkan.

 

“Ke depannya saya ingin membuat kegiatan ini tak hanya selama pandemi. Saya berharap apa yang saya lakukan dapat menginspirasi teman-teman milenial lainnya,” ungkap Alif.


Alyaa Irbah

 alya

Perempuan 22 tahun ini menjadi inisiator Program Healthy Kit dan ‘Patungan Segeng’ (Se-Geng). Alya mengajak masyarakat dan komunitasnya untuk berdonasi untuk membagikan healthy kit yang berisi susu steril,  vitamin dan lainnya kepada para pekerja transportasi umum dan sektor publik lainnya.

Alyaa saat ini masih berada di Semeru, Jawa Timur untuk membantu korban terdampak erupsi. Dia menjelaskan bahwa anak muda tidak melulu soal nongkrong-nongkrong dan ngajak ke mall, tapi bisa berbuat sosial alias ‘Donasyik’, donasi itu asyik. Ia juga menginisiasi beragam program lainnya seperti Program Susu Kesehatan untuk Nakes, dan lainnya dalam komunitas Turun Tangan.

“Kita bisa bantu menjaga kesehatan para pekerja transportasi public dan lainnya dengan memberikan Healthy kit tersebut. Sementara, Patungan Segeng mengajak

kaum muda bahwa setiap circle yang dimiliki anak muda bisa dimanfaatkan demi  kemanusiaan. Selain bisa mejeng sama se-geng, juga bisa nunjukin geng positif yang  bisa bermanfaat buat sesama," ungkap dia.

 

Marizka Witya Putrini

Wanita yang menjadi karyawan swasta ini pun patut diapresiasi sebagai sosok heru muda di usianya ke-28 tahun. Ia membantu mengenalkan produk-produk umkm di sosial media milik pribadinya. Menariknya, Marizka sempat terkena PHK di  awal pandemi. Ia pun inisiatif buka usaha kecil-kecilan dan tergerak untuk membantu mempromosikan produk UMKM di sekitarnya secara gratis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini