Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pergantian Tahun, Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Tak Pernah Putus

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 620 2525458 jelang-pergantian-tahun-donasi-untuk-korban-erupsi-gunung-semeru-tak-pernah-putus-l74Lzdyetc.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PENGGALANGAN donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru tak pernah putus. Hingga kini masih banyak korban yang tinggal di pengungsian dan membutuhkan banyak barang serta makanan untuk sehari-hari.

Akibat erupsi ini, dua kecamatan di Lumajang, yaitu Pronojiwo dan Candipuro, gelap gulita karena diselimuti asap dari Gunung Semeru. Sebagian warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru diungsikan di beberapa titik posko pengungsian, salah satunya di Puskesmas Penanggal.

CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani menuturkan, masyarakat terdorong rasa kemanusiaan terhadap para korban letusan Gunung Semeru sejak awal bencana. Saat ini lebih dari 2.000 kepala keluarga terdampak sedang membutuhkan bantuan akibat bencana alam yang terjadi di Semeru.

 Semeru

"Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk merajut jutaan tangan untuk kebaikan yang akan diberikan kepada keluarga terdampak di daerah sekitar,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Yuli pun menggandeng banyak komunitas dalam penggalangan donasi. Mereka datang dari SMBloopgrapher, sebuah komunitas sport photographer. Henokh Wahyudi, seorang sports enthusiast dan juga owner dari Temple Project.

GueJualFoto, seorang sport photographer yang berhasil menarik 35 donatur dan berkontribusi menyumbangkan total donasi hingga Rp7,6 juta. Hingga Idesa (Influencer Desa), sebuah komunitas yang mewadahi tokoh-tokoh penggerak desa yang telah didirikan sejak akhir 2020 lalu.

Sejauh ini, kata Yuli, korban erupsi Gunung Semeru masih sangat membutuhkan bantuan makanan, bantuan sembako, kesehatan, air bersih, pakaian dan sebagainya.

"Kami percaya semakin banyak yang membantu korban bencana Semeru akan semakin mengurangi beban para korban dan membantu pemerintah dalam penanganan bencana alam sesegera mungkin,” tutup Agnes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini