Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi: 2 Dosis Sinovac dan Vaksin Booster Pfizer Signifikan Tingkatkan Antibodi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 620 2537957 studi-dua-dosis-sinovac-dan-booster-pfizer-signifikan-tingkatkan-antibodi-9Bx5XgqmY9.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

KABAR gembira bagi orang-orang yang vaksinasi primernya menerima dua dosis vaksin Covid-19 CoronaVac buatan PT Sinovac kemudian dilanjutkan dengan dosis ketiga, vaksin booster dengan vaksin Pfizer.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Brasil dan Universitas Oxford, Inggris, vaksin Covid-19 dosis ketiga alias booster Pfizer-BioNTech, Johnson & Johnson dan AstraZeneca diketahui sukses meningkatkan kadar antibodi secara signifikan pada orang-orang yang sebelumnya telah menerima dua dosis vaksinasi primer CoronaVac buatan PT Sinovac, China, seperti dilapor Reuters, Rabu (26/1/2022).

Vaksin Covid-19

“Studi tersebut menemukan bahwa CoronaVac mendapat dukungan terkuat dari vektor virus atau suntikan RNA, termasuk terhadap varian virus corona Delta dan Omicron,” ujar tim peneliti.

Disebutkan lebih lanjut, studi penelitian ini digelar dengan melibatkan sebanyak 1240 orang relawan dari kota-kota di Brasil, seperti Sao Paulo dan Salvador.

Vaksin Sinovac sendiri merupakan tipe vaksin inactivated, yakni vaksin yang dibuat menggunakan versi strain virus corona yang tidak aktif, atau dimatikan. Selain di Indonesia, vaksin Sinovac sudah disetujui dipakai dalam program vaksinasi di lebih dari 50 negara termasuk Brasil, Cina, Argentina, Afrika Selatan, Oman, Malaysia, Turki, dan lain-lain.

Baca Juga : Kasus Omicron RI Tembus 1.629, PDPI: Percepat Vaksinasi Booster!

Andrew Pollard, direktur Oxford Vaccine Group sekaligus kepala studi penelitian tersebut mengungkapkan hasil temuan studi ini memberikan pilihan penting bagi pembuat kebijakan atau pemerintah di banyak negara di mana vaksin jenis inactivated sudah digunakan.

Baca Juga : Studi: Vaksin Booster 90 Persen Efektif Lawan Omicron

Selain dikombinasikan bersama vaksin jenis mRNA seperti Pfizer yang dirancang untuk mengajarkan tubuh bagaimana membuat antibodi terhadap infeksi melalui sinyal kimia. Dari penelitian yang sama juga memperlihatkan jika penggunaan dosis ketiga CoronaVac sebagai vaksin booster juga terlihat berhasil meningkatkan antibodi pada tubuh.

Meski jika dibandingkan, hasilnya tetap lebih baik ketika vaksin booster yang digunakan adalah vaksin yang berbeda dari dua dosis vaksinasi primer sebelumnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini