Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Belum Berakhir, Ini Pentingnya Punya Air Purifier di Rumah!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 620 2538874 pandemi-belum-berakhir-ini-pentingnya-punya-air-purifier-di-rumah-NROyuFFLw2.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)
A A A

KASUS Omicron di Indonesia semakin meningkat, maka Anda perlu pencegahan ganda agar tak tertular virus corona. Salah satu caranya di rumah Anda bisa memakai air purifier.

Air purifier kini tak sekadar membersihkan udaa di ruangan, tapi juga diklaim bisa mencegah berbagai penularan virus penyebab penyakit. Selama pandemi ini, Anda bisa memanfaatkannya.

Dokter Tirta Mandira Hudhi juga pernah membahas mengenai penularan virus corona di ruangan tertutup akibat sirkulasi yang buruk. Ia juga mengungkapkan bahwa AC dapat memperburuk penularan Covid di ruang tertutup.

"Yang namanya CDC (Centers for Disease Control and Prevention) itu mengemukakan bahwa ternyata si virus Covid atau bakteri itu sangat mudah beredar di tempat yang sirkulasi udaranya sangat buruk, apalagi kalau tempatnya menggunakan AC. Banyak debu, virus, jamur, partikel itu menjadi satu di AC tersebut dan muter-muter,” tutur dr Tirta.

 BACA JUGA: 3 Pasien Meninggal Akibat Omicron, Begini Penjelasan Menkes

 omicron

Untuk meminimalisir penularan virus di ruangan tertutup tanpa ada ventilasi, dr Tirta menggunakan sebuah mesin canggih yaitu air purifier yang berfungsi untuk membersihkan udara di sebuah ruangan. Mesin air purifier dapat menghilangkan polusi karena debu, kuman, bakteri, dan partikel lainnya sehingga cocok digunakan di ruangan indoor.

Lebih lanjut, berikut Okezone akan merangkum 3 manfaat air purifier yang perlu Anda ketahui, ditulis Kamis (27/1/2022).

Mencegah anak batuk dan pilek

Anak-anak mudah batuk dan pilek, sehingga Anda perlu menjaga kebersihan ruangan. Anda bisa memilih air purifier dan dipasang di satu ruangan yang sering dipakai anak beraktivitas.

Perwakilan Polytron Albert Fleming mengatakan, sebagai orangtua perlunya mengantisipasi dan jangan sampai salah penanganan. Termasuk gejala Covid-19 seperti batuk dna pilek.

"Covid-19 juga dapat menginfeksi berulang, hal inilah yang perlu di hindari. Kita perlu menjaga kesehatan anak-anak dan anggota keluarga lainnya di masa ini," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Menjaga kebersihan ruangan

“Penggunaan air purifier menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi keluarga dari berbagai varian virus Covid-19," ucapnya.

Dia menyarankan Anda agar menggunakan air purifier yang dilengkapi dengan HEPA filter. Gunanya yaitu dapat menyaring kotoran, debu, virus dan bakteri hingga ukuran terkecil sangat dianjurkan. Bukan hanya itu, air purifier juga harus memiliki sistem UV C Lamp yang bisa mensterilisasi udara.

Praktis dipakai

Air purifier tersebut dapat digunakan di berbagai ruangan, misal dapat digunakan di ruang kelas di sekolah, di dalam perpustakaan, di ruang publik lainnya dan sangat disarankan juga digunakan di rumah. Sebelumnya telah ada penelitian bahwa air purifier bisa menonaktifkan virus Corona dan dapat menghasilkan keluaran udara yang bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini