Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kanker Kulit, Cermat Pilih Produk Kecantikan!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 620 2552120 cegah-kanker-kulit-cermat-pilih-produk-kecantikan-OkteI8NMLb.jpg Cermat pilih produk kecantikan cegah kanker kulit (Foto: Sheknows)

HARI Kanker Sedunia dirayakan tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Ini merupakan hari yang didedikasikan untuk menunjukkan dukungan dan menciptakan kesadaran akan kanker dengan cara yang positif.

Hari Kanker Sedunia, diinisiasi oleh Union of International Cancer Control (UICC), yang bertujuan untuk menghilangkan mitos tentang kanker dan meningkatkan pemahaman internasional tentang penyakit ini. Untuk tahun ini, tema Hari Kanker Sedunia adalah ‘Close the Care Gap’, di mana ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai hambatan yang dialami banyak pengidap kanker dalam mengakses layanan publik.

Perawatan Kecantikan

Masih dalam suasana Hari Kanker Sedunia, dokter estetika, dr Abelina D Fitria, Dipl AAAM, MM, MARS, membagikan tentang pentingnya memilih produk kecantikan yang aman untuk mengurangi risiko kanker kulit. Seperti kita tahu, kanker kulit menjadi salah satu kanker yang umum terjadi di Indonesia.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja kandungan yang aman atau tidak aman bagi kulit. “Beberapa bahan kimia yang biasanya terdapat dalam kosmetik bisa menyebabkan kerusakan kulit,” kata dr Abelina seperti dikutip dari siaran pers barenbliss, brand K-beauty yang terbuat dari bahan alami, Rabu (23/2/2022).

BACA JUGA : 5 Bahan Skincare Pantang Digunakan Ibu Hamil, Bisa Bahayakan Janin!

Tidak hanya menyebabkan kerusakan pada kulit, penggunaan bahan kimia yang tidak aman dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan kanker kulit. “Apabila digunakan dalam jangka waktu panjang, lama kelamaan zat tersebut akan mengendap di kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk itu penting bagi kita memastikan kosmetik dan skincare yang kita pilih aman bagi kulit dan tubuh,” ujarnya.

BACA JUGA : Hati-Hati Kanker Kulit, Kenali 5 Tandanya lewat Tahi Lalat

Sementara itu, di Hari Kanker Sedunia pada tahun ini, barenbliss sendiri memberikan dukungan pada perempuan pengidap kanker. Bantuan tersebut disalurkan melalui donasi yang diberikan kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

“Sejalan dengan tema Hari Kanker Sedunia pada tahun ini, nantinya dukungan ini juga akan digunakan untuk mengedukasi tentang hambatan yang dialami banyak orang dalam mengakses layanan publik bagi penderitanya. Dengan membahas hambatan tersebut, maka kita bisa meningkatkan peluang seorang penderita kanker untuk mempertahankan hidup,” kata Ketua YKPI Linda Agum Gumelar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini