Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dampak Memiliki Hewan Peliharaan bagi Otak Selama Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 620 2558281 ini-dampak-memiliki-hewan-peliharaan-bagi-otak-selama-pandemi-7BziyFYxGm.jpg Hewan Peliharaan turunkan stres dan tingkatkan kesehatan otak (Foto: Freepik)

BAGI sebagian orang hewan peliharaan sudah seperti dianggap selayaknya anggota keluarga. Tahukah Anda, hewan peliharaan tidak hanya memberikan kebahagiaan batin?

Secara medis, hewan peliharaan juga berdampak positif kondisi kesehatan otak dan kognitif pemiliknya. Hal ini terungkap lewat studi penelitian yang dilakukan kandidat PhD Jennifer Applebaum dari Departemen Sosiologi dan Kriminologi di University of Florida selama beberapa tahun tentang efek hewan peliharaan terhadap pemiliknya.

Studi penelitian tersebut memperlihatkan, memiliki hewan peliharaan ternyata sebenarnya bisa membantu mencegah pemiliknya mengalami kehilangan memori dan penurunan kognitif, seperti dikutip Fox News, Selasa (8/3/2022).

Hewan Peliharaan

Efek positif ini terlihat paling menonjol pada pemilik anjing dan kucing, tapi dampak menguntungkan juga terlihat pada pemilik hewan peliharaan lainnya seperti burung, ikan, dan hewan kecil lainnya.

BACA JUGA : 5 Hewan Terkaya di Dunia, Nomor 1 Dapat Warisan Rp5,3 Triliun!

Disebutkan lebih lanjut, diyakini berinteraksi dengan hewan peliharaan bisa mengurangi tingkat stres, mengurangi tekanan darah, yang kemungkinan memberikan manfaat pada memori seseorang.

BACA JUGA : Pelihara Hewan Makin Ngetren Selama Pandemi, Bantu Mental Tetap Waras!

Tak hanya itu, hewan peliharaan juga memberi pemiliknya rasa persahabatan dan sense of purpose atau tujuan hidup. Hasil survei tahun 2021 dari University of Florida yang memantau perasaan para pemilik hewan peliharaan dengan binatang peliharaan mereka selama pandemi Covid-19.

Hasilnya sekitar 10 persen responden mengatakan bahwa mereka tidak akan pergi ke rumah sakit jika jatuh terinfeksi Covid-19, karena merasa khawatir akan kesejahteraan hewan peliharaan mereka di rumah.

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini