Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peralatan Medis Indonesia Dijamin Tak Kalah dengan Singapura dan Malaysia

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 620 2564342 peralatan-medis-indonesia-dijamin-tak-kalah-dengan-singapura-dan-malaysia-FU29TQmXGd.jpg Ilustrasi Perlatan Medis. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang memilih berobat ke luar negeri, ketika memiliki penyakit yang cukup parah. Salah satu alasannya, adalah lantaran peralatan kesehatan di luar negeri dianggap lebih lengkap dibandingkan di Indonesia.

Lantas, apakah benar negara-negara lain memiliki perlatan kesehatan lebih lengkap? Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengatakan bahwa peralatan kesehatan di rumah sakit Indonesia sudah sebanding dengan yang ada di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Menurut Prof. Ari, alat-alat medis yang masuk ke Indonesia sama dengan yang berada di luar negeri, bahkan beberapa rumah sakit juga sudah memiliki peralatan berteknologi terkini.

Peralatan Medis

"Kadang-kadang ketika orang bilang di Singapura lebih baik, saya bilang enggaklah. Ketika teknologi ini datang, teknologi di Singapura dan Malaysia juga baru datang, jadi jangan bilang kalau rumah sakit di Indonesia itu alatnya ketinggalan," ujar Prof. Ari seperti dilansir dari Antara.

Dalam menerima teknologi terbaru untuk bidang medis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Prof. Ari menyebutkan, setidaknya ada tiga hal utama yang harus jadi bahan pertimbangan.

"Kalau bicara soal teknologi, tentu hal pertamanya adalah soal keamanan. Kedua, penggunaannya yang sederhana dan ketiga adalah terlibat dalam risetnya," kata Prof. Ari.

Prof. Ari menyebutkan bahwa para dokter di Indonesia biasanya terlibat dalam riset-riset dari teknologi terbaru di bidang medis. Salah satu teknologi di bidang kesehatan adalah mobile digital X-ray dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yakni FDR Nano.

Prof. Ari mengatakan bahwa penggunaan AI dalam bidang teknologi sangat membantu para dokter untuk penegakan diagnosis. Terlebih lagi jika terdapat diagnosis sebelumnya yang telah tersimpan.

"AI ini akan memudahkan seseorang dokter dalam penegakan diagnosis. Karena ketika gambar ini muncul dan langsung di screen oleh data sebelumnya, maka akan muncul ini kemungkinannya apa. Saya sebagai seorang endoskopi saya juga suka buka buku untuk mencocokkan ini, tapi karena udah ada teknologi ini jadi lebih mudah," kata Prof. Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini