Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSAL Bakal Rekrut Anggota Komcad Jadi Pengawak Kapal Perang

Riezky Maulana, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 620 2566423 ksal-bakal-rekrut-anggota-komcad-jadi-pengawak-kapal-perang-clJdw8hU52.jpg Komponen Cadangan (Foto: ist)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menuturkan bahwa anggota Komponen Cadangan (Komcad) dari matra laut bakal dijadikan pengawak alat utama sistem senjata (Alutsista). Adapun spefisikasinya menjadi seorang pengawak kapal saat masa darurat militer.

"Komcad Angkatan Laut ini akan lebih kepada pengawakan alutsista. Sehingga nanti komcad-komcad kita ini lebih ditujukan kepada pengawak-pengwak kapal ya," tutur Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022).

Sampai dengan saat ini, kata Yudo Komcad masih dalam proses perekrutan anggota. Selain itu menjadi pengawak KRI, Yudo juga bakal membekali para anggota Komcad ilmu intelijen.

"Nantinya dia bisa mengawaki kapal ataupun sebagai personel intelijen di daerah untuk memberikan data-data tentang intelijen musuh," tuturnya.

Dia memastikan, pola rekrutmen Komcad disusun dengan serius dan teliti. Sehingga, ketika mereka selesai menjalani masa pelatihan, telah siap menghadapi tantangan yang dihadapi.

Baca juga: DPR Setujui Dihapus, KRI Teluk Mandar-514 dan KRI Teluk Penyu-513 Bakal Dilelang

"Perekrutan Komponen Cadangan laut ini harus lebih teliti dan fokus. Sehingga begitu selesai ini mereka betul-betul bisa dimanfaatkan untuk menjadi Komponen Cadangan dalam melaksanakam perang laut," katanya.

Baca juga: KSAL Minta Persetujuan DPR untuk Hapus KRI Teluk Sampit-515

Menurut dia, salah satu yang akan dilibatkan dalam Komcad TNI AlL adalah Pramuka Saka Bahari yang merupakan binaan TNI AL.

"Jadi umpama begini, Angkatan Laut begitu perang mengeluarkan seluruh kapal, kurang kapal tanker. Kita bisa koordinasi dengan Pertamina. Semua aset, semua komponen harus bersama mendukung pelaksanaan darurat militer, umpama perang. Sehingga nanti Komcad ini yang nanti bisa mengawaki kapal-kapal," jelasnya.

Sekadar informasi, Matra Laut sendiri akan membentuk 1 batalion dari Program Komponen Cadangan 2022. Adapun 1 batalion itu beranggotakan 500 orang.

Anggota Komcad dari matra laut akan menjalani pendidikan di Kodikmar Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Usulkan Perubahan Lantamal di IKN Jadi Kodamar, Ini Penjelasan KSAL

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini