Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa, Jangan Lupa Beri Pujian Ya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 620 2571489 tips-mengajarkan-anak-berpuasa-jangan-lupa-beri-pujian-ya-bWkrvfnWyf.jpg Ilustrasi Puasa. (Foto: Shutterstock)
A A A

UMAT Muslim akan memasuki ibadah puasa dalam hitungan hari. Memasuki bulan Ramadan ini, para orangtua tentu saja ingin jika anaknya bisa melakukan ibadah puasa.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K) mengatakan, orangtua tidak perlu langsung mengajarkan anak berpuasa penuh. Mereka bisa mulai mengajak anak berpuasa selama 6 jam, misal berpuasa sejak bangun pagi hingga jam 12 siang.

"Mulailah mengajari anak untuk berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan izinkan mereka tetap minum air untuk menghindari kekurangan cairan, terutama jika cuaca panas," ungkap dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah seperti dilansir dari Antara.

"Dengan pola seperti ini, anak belajar menahan lapar dari makanan yang sehari-hari dimakan," tambah dia.

Selanjutnya orang tua dapat mulai mengajarinya untuk menahan haus. Umumnya anak masih dapat menoleransi tidak minum air selama 2-4 jam. Nurul melanjutkan, seorang anak masih perlu tumbuh dan berkembang sehingga harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup meski berpuasa Ramadhan.

Jadi, menurut dia pastikan anak mendapat makanan bergizi saat sahur dan berbuka, yaitu makanan yang mengandung makronutrien (makanan utama) dan mikronutrien (makanan yang mengandung vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anak dapat mengonsumsi makanan yang mengenyangkan pada saat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Susu merupakan sumber zat gizi yang lengkap untuk anak pada saat sahur dan berbuka yang dapat diberikan juga.

Follow Berita Okezone di Google News

Nurul menyarankan agar Anda menghindari memberikan anak makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan ringan yang manis.

"Jangan lupa semangati mereka dan ucapkan kata-kata pujian ketika mereka sedang berpuasa dan berhasil menahan lapar dan haus. Awasi tanda bahaya dehidrasi dan hipoglikemia," saran dia.

Terakhir, segera sudahi berpuasa jika anak tidak sanggup melanjutkan. Pada saatnya, perlahan tapi pasti, anak Anda akan terbiasa berpuasa Ramadan.

Nurul menambahkan, orang tua dapat mulai mengajari anak berpuasa ketika ia berusia di atas 7 tahun. Pada usia ini dampak kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui.

"Jika anak sudah lebih besar, ketika memasuki usia remaja, risiko hipoglikemia akan semakin berkurang. Mereka sudah lebih mampu menahan lapar dan haus. Suatu penelitian di Qatar menunjukkan performa akademik anak berusia 12 tahun yang sedang berpuasa juga cukup baik," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini