Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEM SI: Aksi Demo 11 April Berjalan Damai dan Aspirasi Tersampaikan dengan Baik

Nandha Aprilia, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 620 2577496 bem-si-aksi-demo-11-april-berjalan-damai-dan-aspirasi-tersampaikan-dengan-baik-r0xdL2HGcs.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)

JAKARTA - BEM Seluruh Indonesia (SI) menyebut aksi demo yang digelar pada hari Senin 11 April 2022 berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Alhamdulillah aksi berjalan dengan lancar dan kondusif, kami mulai aksi pukul 12.00 dan bubar pada pukul 15.30 WIB,” papar Koordinator Media BEM Seluruh Indonesia (SI) Luthfi dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Selasa (12/4/2022).

Diketahui aksi ini merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2022 lalu.

Sedangkan terkait tuntutan dari aksi demo ini dilakukan yakni dengan menolak wacana penundaan Pemilu atau amandemen Pemilu, Mengkaji Ulang UU IKN dan menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Aspirasi ini murni dari suara Rakyat untuk disampaikan ke Wakil Rakyat , kami meminta pimpinan DPR disini mengawakili suara Rakyat bukan Suara Partai Politik,” ungkapnya.

Aspirasi BEM SI pun diterima langsung oleh Pimpinan DPR RI, Sufmi Dasco, Rahmat Gobel dan Lodewijk di dampingi Kapolri RI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Senada dengan Luthfi, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memaprkan situasi demonstrasi berjalan dengan damai dan tertib.

“Sejak awal, Polri telah berkomitmen memberikan ruang demokrasi bagi kawan-kawan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Alhamdulillah situasi demonstrasi hari ini berjalan dengan damai dan tertib,” dalam keterangan yang diterima, Selasa (12/4/2022).

Menurut Dedi, mahasiswa menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan kebebasan berekspresi. Pasalnya, ketika aspirasi telah diterima dan ditampung mahasiswa pun telah membubarkan diri dengan tertib di Gedung DPR.

Meski begitu, Dedi menjelaskan setelah bubarnya massa pendemo, diduga ada kelompok yang mencoba membuat kericuhan dengan memprovokasi aparat kepolisian.

Namun, situasi kemanan dan ketertiban bisa langsung diantisipasi dengan jajaran kepolisian demi mencegah terjadinya hal tersebut.

 "Aparat kepolisian saat ini telah mampu mengatasi keadaan. Situasi kamtibmas pun tetap terjaga kondusif,” tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini