Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Refleksi Hari Kartini 2022, Perempuan Diminta Tak Ragu Mengejar Mimpi

Antara, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 620 2582161 refleksi-hari-kartini-2022-perempuan-diminta-tak-ragu-mengejar-mimpi-K2i3VmcmmE.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto : Antara)
A A A

JAKARTA - Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ulfah Mawardi mengimbau kepada perempuan Indonesia untuk tidak ragu dalam mengejar mimpi dan cita-citanya. Hal itu ia ungkapkan dalam momentum menyambut peringatan Hari Kartini pada 21 April 2022.

"Sejatinya, perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mengejar mimpi dan cita-citanya, baik dalam konteks mengenyam pendidikan tinggi, berkarir, maupun memperoleh kesempatan di ruang politik serta jabatan publik," ujar Ulfah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Ia mengingatkan kepada perempuan Indonesia bahwa spirit Kartini pada masa kini terimplementasikan dalam diri mereka yang memiliki semangat juang tinggi, kepercayaan diri, dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki.

 Baca juga: Hari Kartini 21 April, Begini Kisah Gadis Asal Jepara yang Dibatasi Adat Istiadat

Spirit itulah yang menjadikan perempuan memiliki keinginan untuk memerdekakan dirinya dan memiliki prinsip hidup yang kuat.

Ulfah lantas mencontohkan kepemimpinan Ketua DPR RI Puan Maharani yang berhasil berperan strategis dalam mengimplementasikan perjuangan Kartini.

Menurut Ulfah, peran strategis tersebut dapat dilihat dari kinerja parlemen yang saat ini tidak hanya menjalankan fungsi pengawasan secara baik, tetapi juga responsif terhadap isu-isu keadilan gender.

"Sosok Ibu Puan, dalam kepemimpinannya di DPR dan sebagai tokoh politik, telah menjadi inspirasi bagi siapa pun. Dia menginspirasi bahwa bangsa Indonesia ini membuka lebar kesempatan perempuan untuk berkarya. Inilah substansi dari perjuangan Kartini di masa kini," ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, melalui posisi Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI, nilai-nilai yang diperjuangkan Kartini, seperti mendapatkan kesetaraan dalam hak pendidikan dan mendorong perempuan untuk percaya diri dalam berkarir, menjadi suatu keniscayaan.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kepemimpinan tentang perjuangan-perjuangan itu sekarang melekat pada Ibu Puan Maharani. Ia telah menjadi simbol perlawanan atas praktik-praktik diskriminasi melalui posisinya sebagai Ketua DPR RI," tambah Ulfah.

Di samping itu, Ulfah pun menyampaikan bahwa kepemimpinan Puan telah membuktikan asumsi tentang perempuan yang hanya akan berujung menjadi ibu rumah tangga keliru.

Bahkan, ia pun mengatakan kepemimpinan Puan menjadi bukti bahwa apabila perempuan diberikan kesempatan untuk mengakses berbagai sumber daya yang ada dan diberi kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, mereka akan memiliki potensi besar dalam mengoptimalkan pembangunan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini