Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngebet Mudik Tapi Belum Booster? Mampir Saja di Pos Layanan Vaksinasi

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 29 April 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 620 2587255 ngebet-mudik-tapi-belum-booster-mampir-saja-di-pos-layanan-vaksinasi-dYtY35qpES.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)
A A A

PEMERINTAH mewajibkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau Booster. Lantas, bagaimana dengan mereka keburu mudik, saat harus mengikuti vaksin booster?

Nah, bagi mereka yang memang sudah negebet mudik tapi belum mendapatkan vaksin booster, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun menyiapkan pos layanan vaksinasi booster di jalur mudik.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan pemberian vaksinasi di pos mudik sebagai upaya terakhir. Dia berharap masyarakat bisa booster sebelum mudik.

"Kita mengimbau kepada masyarakat kalau kita mau mudik nyaman dan aman hendaknya segera vaksin booster, jangan dipaksain vaksinasi booster pada saat mudik sehingga menghindari penumpukan keramaian di tempat vaksin,” ujar dr Nadia dalam laman resmi Kemenkes.

Namun, dia memastikan jumlah vaksin yang disediakan pada saat mudik lebaran nanti, disesuaikan dengan jumlah pos mudik. Sebagai contoh pos mudik besar bisa mencapai 1.000 dosis, sementara posko kecil mungkin sekitar 150 sampai 300 dosis.

Sehubungan dengan vaksinasi booster, dalam antisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) prosedur penanganan KIPI tetap disiapkan. "Jadi akan ada ambulans yang standby yang nanti akan membawa kalau memang ada kasus KIPI, tentunya sesuai kriteria butuh perawatan di rumah sakit. Tapi kalau KIPI ringan cukup dengan minum pereda nyeri seperti paracetamol,” jelas Nadia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam pelaksanaannya, seperti jumlah dan lokasi pos vaksinasi akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri. Karena ini terkait, dengan persediaan SDM, maupun juga pengelolaan rantai dingin vaksinnya.

Sekadar informasi, fasilitas pos vaksinasi booster di jalur mudik, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki jadwal vaksinasi booster tepat saat mudik lebaran. Namun masyarakat dihimbau, untuk tetap melakukan vaksinasi booster sebelum mudik, agar imunitas sudah ada saat melakukan mudik.

Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 dosis 3 baru sampai 17,68%.Adapun dosis 2 mencapai 164,5 juta (79%), dan cakupan vaksin dosis 3 mencapai 36,8 juta (17,68%).

Sedangkan, cakupan vaksinasi yang diperoleh dari Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga Rabu 27 April total cakupan vaksinasi sebanyak 400,5 juta suntikan dari target 450 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini