Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Ini Sederet Catatan Kadin

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 620 2591937 arus-mudik-dan-balik-lebaran-2022-ini-sederet-catatan-kadin-3sJiO6HPzN.jpg Mudik Lebaran 2022 (Foto: MPI)

JAKARTA - Rangkaian arus mudik dan balik pada angkutan Lebaran tahun ini telah selesai dilalui dengan lancar dan aman.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan mengapresiasi upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sehingga perjalanan masyarakat ke kampung halaman berjalan tanpa halangan.

Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmadja menilai arus mudik tahun 2022 relatif lancar berkat pesiapan dan koordinasi seluruh stakeholder terkait.

Tidak hanya itu, Pemerintah melalui Kemenhub bersama Polri juga telah membuat sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan parah. Setidaknya, ada empat rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk arus mudik tahun ini. Keempatnya adalah sistem satu arah (one way), ganjil genap, arus berlawanan (contra flow), dan pembatasan kendaraan angkutan barang dan tiga sumbu.

"Kami melihat ini langkah yang dilakukan merupakan respons yang sangat cepat dari Kemenhub dan Polri untuk memperlancar perjalanan mudik Lebaran masyarakat. Dan ini kami apresiasi," kata Denon dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2022, Ini Catatan dari Menhub

Terkait masih adanya kemacetan di sejumlah titik, pihaknya memakluminya sebab hal ini merupakan perjalanan pertama masyarakat dengan jumlah yang sangat besar setelah dua tahun tidak ada mudik. Di mana masyarakat menyambut dengan antusias arus mudik tahun ini.

Denon juga menyebutkan data dari Kementerian Perhubungan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85 juta orang, yang 14 juta di antaranya berasal dari pemudik Jabodetabek. Menurut catatan PT Jasa Marga Tbk. lalu lintas arus mudik pada tahun ini mencapai 1,7 juta kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek.

"Jumlah ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah mudik di Tanah Air. Meski demikian, Kemenhub bersama Polri berhasil membuat situasi mudik tahun ini relatif lancar dan aman. Dan tekait kekurangan atau hal yang harus diperbaiki, kami menyakini bahwa hal tersebut akan menjadi perhatian dari Kemenhub sebagai bahan evaluasi dan catatan di kemudian hari," katanya.

Denon juga mengapresiasi upaya dari Kemenhub untuk mengurangi kecelakaan dijalan saat perjalanan menuju kampung halaman dengan memfasilitasi mudik gratis ke sejumlah daerah di Pulau Jawa melalui beberapa moda transportasi.

Untuk mudik gratis yang dikoordinir oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Adapun total kuota pemudik baik dari arus mudik dan balik adalah 10.500 pemudik.

Sementara, untuk armada pengangkut sepeda motor menyiapkan 34 truk yang dapat mengangkut 1.020 sepeda motor pemudik.

Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) 2022 digelar melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub menyediakan kuota angkutan Motis sebanyak 9.280 unit motor dan 13.800 tempat duduk kereta api khusus bagi para peserta Motis 2022.

"Sedangkan program mudik gratis tersebut total menggunakan dua kapal laut oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut engan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.250 motor dengan 2.500 penumpang," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini