Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Warga Sudah Nyaman Pakai Masker

Bachtiar Rojab, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 620 2595986 ketika-warga-sudah-nyaman-pakai-masker-RRA2WEZS5W.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan masyakarat sudah boleh membuka masker di luar ruangan. Lalu apakah kebijakan itu membuat warga di Jakarta langsung tak bermasker?

Pantauan MNC Portal di lapangan, sebagian masih tetap memakai masker meski berdara di ruang terbuka.

 BACA JUGA:Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ahli: Tidak Berarti Outdoor Aman!

Contohnya ketika berunjukrasa tentang kebijakan pengelolaan lahan, sebagian massa karyawan Perhutani di kawasan Patung Kuda, Jakarta, tampak masih bermasker dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah sudah terlanjur nyaman pakai masker.

"Saya sebenarnya setuju apa yang disampaikan Presiden terkait pelonggaran masker di ruang publik, tapi kan harus tetap ada persyaratan. Tapi saya udah terlanjur nyaman sih pakai masker," ujar seorang pengunjukrasa, Fitri di kawasan Patung Kuda, Rabu (18/5/2022).

"Jadi walaupun ada kelonggaran, saya tetep pakai masker untuk kesehatan," tuturnya menambahkan.

 BACA JUGA:Setuju Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, IDI Tetap Beri Catatan Ini!

Lebih lanjut, hal itu juga disampaikan oleh pengunjuk rasa lainnya, Irfan, pegawai Perhutani. Menurutnya, meskipun sudah dilonggarkan, ia tetap akan menggunakan masker untuk menjaga kesehatan.

"Kalau saya sih lebih enak pakai masker, bukan karena covid-19 tapi lebih ke higienis, menjaga-jaga dari debu jalanan. Ke depannya saya sih tetap menggunakan karena debu-debu jalanan kan," terangnya.

Kendati demikian, menurut Irfan keputusan terkait adanya pelonggaran sudah tepat. Tinggal, bagaimana masyarakat menyikapinya.

"Menurut saya sih keputusan presiden jokowi sudah benar, nanti tinggal bagaimana masyarakat yang memilih," terangnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah memutuskan melonggarkan pemakaian masker. Bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan diperbolehkan tidak menggunakan masker.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Jokowi dikutip dalam cuplikan video, Selasa (17/5/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini