Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mencegah Hepatitis Akut, 8 Warga DKI Diduga Sudah Terinfeksi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 620 2604406 cara-mencegah-hepatitis-akut-8-warga-dki-diduga-sudah-terinfeksi-x5Ogc53FYD.jpeg Cara mencegah hepatitis akut (Foto: Timesofindia)

SEBANYAK 8 warga Jakarta Barat diduga hepatitis akut Status mereka adalah pending classification karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Gejala yang diidap kedelapan pasien diduga hepatitis akut dijelaskan cukup beragam. Namun, rata-rata gejala yang dialami pasien adalah demam dan masalah pencernaan.

"Dari 8 pasien itu, 1 dinyatakan meninggal dunia di awal kasus. Dari 7 pasien yang masih bertahan hidup, 3 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan sudah keluar dari rumah sakit (RSUD Tarakan, RS Atmajaya, dan RS Graha Kedoya)," terang Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Arum Ambarsari pada awak media.

Cara Mencegah Hepatitis Akut

Di DKI Jakarta sendiri terdapat 45 kasus diduga hepatitis akut. Diimbau agar masyarakat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, karena dominasi penularan penyakit diduga berasal dari kotoran.

Ya, menjaga kebersihan diri menjadi upaya pencegahan utama yang bisa dilakukan agar Anda, anak Anda, maupun anggota keluarga lainnya terhindar dari penyakit hepatitis akut.

Lebih jelasnya, Kementerian Kesehatan beberapa hari lalu sudah mengeluarkan imbauan pencegahan hepatitis akut yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Karena penyakit ini menular lewat saluran cerna dan pernapasan, upaya maksimal harus dilakukan.

"Untuk mencegah penyakit dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang," jelas Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, dikutip MNC Portal, Kamis (2/6/2022).

BACA JUGA : PPKM Masih Penting untuk Mencegah Wabah Hepatitis Akut dan Cacar Monyet

Selain itu, Prof Hanifah juga mengimbau agar para orangtua memastikan anaknya tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain, serta menghindari kontak anak-anak Anda dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

BACA JUGA : Tembus 24 Orang, DKI Jakarta Provinsi Terbanyak Kasus Suspek Hepatitis Akut

Bagaimana cara mencegah hepatitis akut dari saluran pernapasan?

Prof Hanifah menyarankan untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas. Cara seperti ini sudah masyarakat lakukan untuk mencegah Covid-19, sehingga diharapkan tidak ada kesulitan dalam menjalankannya.

Upaya lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan hepatitis akut adalah pemahaman orang tua terhadap gejala awal penyakit itu sendiri.

Prof Hanifah menyebutkan secara umum gejala awal penyakit hepatitis akut, yaitu mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan feses berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi hepatitis sudah sangat berat. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

"Bawalah anak Anda ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat dokter kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelamatkannya sangat kecil," kata Prof Hanifah.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang solid antara orangtua, tenaga kesehatan, dan fasilitas pelayanan kesehatan agar bisa menemukan gejala hepatitis akut sedini mungkin agar anak segera mendapatkan pertolongan medis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini