Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Kapal Perang Indonesia Pimpin Latihan Air Defense di Laut Mediterania Lebanon

Riezky Maulana, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 620 2607641 mantap-kapal-perang-indonesia-pimpin-latihan-air-defense-di-laut-mediterania-lebanon-fP445QP1LQ.jpg (Foto: Riezky M/MPI)
A A A

JAKARTA - Kapal Perang Republik Indonesia Sultan Iskandar Muda (KRI SIM-367) memimpin latihan peperangan Anti Udara atau Air Defense Exercises 322 (ADEX322). Latihan tersebut mengambil tempat di Laut Mediterania, Lebanon, Senin (6/6/2022).

Latihan perang tersebut melibatkan dua unsur kapal perang negara lain yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) UNIFIL, yakni Kapal Perang Turki TCG YAVUZ (YAV) dan Kapal Perang Yunani HS NIKIFOROS FOKAS (NIF).

Rangkaian latihan diawali dengan Helikopter AS 565 MBE Panther yang on board di KRI SIM-367 take-off dari atas geladak heli. Dalam latihan ini Helikopter Panther dengan sebutan "Garuda" bertindak sebagai Helikopter musuh yang terbang rendah.

Selanjutnya "Garuda" mendapatkan tugas untuk melaksanakan skenario profil serangan terhadap konvoi sebanyak dua kali.

Di mana, serangan tersebut direspons oleh KRI SIM-367 dengan mengisyaratkan pembentukan tabir sektor kepada dua kapal perang lainnya. Hal itu bertujuan untuk melakukan aksi pertahanan udara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dansatgas MTF XXVIII-M/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris menyebut, tujuan dari latihan bersama yang dilaksanakan secara periodik oleh seluruh kapal perang UNIFIL Maritime Task Force (MTF) ini guna menguji respon serta kesiapan unsur-unsur dalam melaksanakan pertahanan menghadapi bahaya ancaman udara.

"Suatu kehormatan untuk KRI SIM-367 didaulat sebagai pemimpin serial latihan dan bertindak selaku High Value Unit sekaligus sebagai Anti Air Warfare Commander," jelas Haris dalam keterangannya, dikutip Rabu (8/6/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini