Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Bantu Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 620 2623552 menparekraf-bantu-pedagang-warung-kopi-tertua-di-desa-sembungan-wonosobo-bUwmdN8qpg.jfif Menparekraf Berikan Bantuan ke Penjual Kopi. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)
A A A

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sandiaga memberikan bantuan ke penjual warung kopi tertua di sekitar Telaga Cebong Sikunir.

Mulanya Hartono mengajak Sandiaga untuk mampir ke warungnya usai melihat kuliner carica. Di sana, Sandiaga disuguhkan kopi dan tempe mendoan.

Baca Juga: Inspiratif, Pemuda Ini Sulap Limbah Jagung Jadi Cuan

Kesempatan itu, Hartono menyampaikan ke Sandiaga jika dirinya berdagang warung kopi sejak tahun 1978. Kemudian pria berusia 61 tahun itu mengungkapkan kendala yang dihadapi selama berdagang.

"Di sini saya dagang sudah tertua, tapi tidak punya modal pak. Tidak ada bahan-bahan di warung, kompor juga sudah rusak. Saya ingin seperti warung-warung lain gitu pak," kata Hartono, Senin (4/7/2022). 

"Jadi kita agar bisa membantu meningkatkan penghasilan pak Hartono nanti dilihat apa yang bisa dibantu, yang cepat gak pakai lama," jawab Sandiaga.

Baca Juga: Cerita Mantan Agen Koran Sukses Bisnis Ternak Kambing, Raup Ratusan Juta Jelang Idul Adha

Sandiaga pun memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk anak dari Hartono. Selain itu, Sandiaga juga menyerahkan peralatan dan berbagai kebutuhan untuk keperluan warung kopi Hartono.

"Mudah-mudahan usaha pak Hartono meningkat, wisatanya pulih, dan penghasilannya tambah sehingga bisa benerin warung kopi tertua yang ada di Sikunir ini," ungkap Sandiaga.

Adapun kunjungan Sandiaga ini terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun ini Desa Sembungan masuk sebagai 50 desa wisata terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

Desa Wisata Sembungan ini memiliki daya tarik, mulai dari alam, seni dan budaya. Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam Puncak Sikunir, Telaga Cebong, dan Air Terjun Sikarim.

Pada desa yang memiliki ketinggian 2.300 MDPL ini, wisatawan bisa melihat ruwatan cukur gimbal. Di mana ruwatan cukur gimbal merupakan upacara cukur rambut pada anak-anak berambut gimbal. Ritual ruwatan diadakan pada tanggal satu suro menurut kalender jawa yang bertujuan untuk membersihkan anak-anak berambut gimbal dari kesialan, kesedihan, atau malapetaka.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini