Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampah Plastik Diolah Jadi Aspal Campuran dan Dipakai untuk Bangun Jalan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 620 2629130 sampah-plastik-diolah-jadi-aspal-campuran-dan-dipakai-untuk-bangun-jalan-TydqECkmoq.jpg Aspal campuran sampah plastik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aspal campuran sampah plastik olahan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dipakai untuk membangun jalan di BSD City. Sinar Mas Land memakai aspal dengan campuran sampah plastik kresek sepanjang 3,8 km atau 56.138 m2 yang akan diterapkan di BSD City.

Program ini bertujuan untuk memberi nilai baru bagi sampah plastik yang menjadi bagian dari campuran aspal dalam rangka pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas jalan serta implementasi konsep ekonomi sirkular sebagai bentuk usaha menjaga kelestarian lingkungan.

Pembangunan infrastruktur jalan ini akan dilakukan mulai dari 18 Juli hingga akhir 2022. Sinar Mas Land terus mentransformasi BSD City sebagai smart city.

Tahun lalu, aspal dengan campuran sampah plastik sudah dipakai di kawasan Barat BSD City dengan luas area 15.518 m2 dan berhasil mengelola setara dengan 5,37 ton sampah plastik dari TPA. Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land Muhammad Reza Abdulmajid menjelaskan, Sinar Mas Land fokus untuk memberikan solusi inovatif dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan.

"Proses daur ulang sampah plastik menjadi campuran aspal akan menghasilkan jalan dengan ketahanan yang lebih baik dan tahan lama,” kata dia, Rabu (13/7/2022).

Sementara itu, Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Edi Rivai mengatakan perpanjangan kerja sama ini sejalan dengan komitmen kami untuk menjadi mitra pertumbuhan yang dapat diandalkan dalam mewujudkan solusi terbaik pengelolaan sampah plastik berkelanjutan melalui konsep ekonomi sirkular.

"Kami juga akan terus proaktif mendorong kemitraan dan partisipasi multipihak dalam pembangunan aspal plastik sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, di Indonesia," tukasnya.

Sampai saat ini, total gelaran jalan dengan aspal plastik oleh Chandra Asri bersama para mitra adalah sepanjang 50,8 km dan 282 ton sampah plastik yang telah berhasil dikelola dari TPA.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini