Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga Uno Bergetar Dengar Kisah Pengukir Kayu Tunawicara dari Cilegon

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 620 2631445 sandiaga-uno-bergetar-dengar-kisah-pengukir-kayu-tunawicara-dari-cilegon-h1J9KrYZ06.jfif Sandiaga Uno Bertemu Pengukir Kayu yang Seorang Tunawicara. (Foto; Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Cilegon. Dirinya pun senang bertemu Ikbal Taupik, seorang pengukir kayu bekebutuhan khusus di Cilegon, Banten.

Nada suara Sandiaga bergetar dan matanya berkaca-kaca saat mendengar kisah Ikbal yang seorang tunawicara.

Ikbal merupakan satu dari 27 peserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di Cilegon Center Mall. Awalnya, Sandiaga mengajak Ikbal dan kerabatnya yang bernama Ozi Iskandar untuk berbincang-bincang di atas panggung.

Baca Juga: Bersyukur di Atas Kursi Roda, Ali Iskan Menginspirasi Jamaah Haji Dunia

"Kita ingin dengar sebuah cerita bagaimana Ikbal yang mungkin dibilang berkebutuhan khusus, berketerbatasan tapi justru keterbatasan ini tidak membatasi kreativitasnya dan semangat Ikbal ini. Mudah-mudahan Mas Ozi bisa memberikan bantuan untuk kita berkomunikasi dengan Ikbal," ujar Sandiaga di lokasi, Senin(18/7/2022).

Ozi yang mendampingi Ikbal bercerita kerabatnya itu berasal dari keluarga kurang mampu dan gemar mengukir kayu. Ozi menyampaikan, Ikbal juga kerap ditipu hingga dijanjikan diberikan bantuan.

Baca Juga: Kisah Prajurit TNI Cantik Tak Bisa Melihat, Terus Berkarya di Balik Kegelapan Mata

"Pernah ada seseorang yang memberikan harapan ke A Ikbal bahwa nanti ada bantuan dengan cara memfoto hasil karya A Ikbal. Difoto terus diajukan ke dinas terkait tapi ketika udah cair uangnya, orangnya ilang, ga dikasih uangnya," ucap Ozi ke Sandiaga.

Kendati begitu, Ikbal terus berusaha bangkit dan berusaha hingga akhirnya memiliki brand 'Iqbal Art'. Sandiaga pun memuji sosok Ikbal.

"Mungkin ini banyak yang mencibir Ikbal dengan kebutuhan khususnya, tapi justru dia bisa menghasilkan karya yang luar biasa seperti ini," kata Sandiaga dengan nada suara bergetar.

Dalam kesempatan itu, Ikbal juga memberikan ukiran kayu berwajah Sandiaga Uno. Menparekraf pun memuji buah tangan Ikbal.

"Saya sangat bangga dengan hasil ukirannya dan saya ingin beli ini," tutur Sandiaga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini