Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Ciptakan Peluang Usaha Bagi Masyarakat, Begini Caranya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 620 2648321 menparekraf-ciptakan-peluang-usaha-bagi-masyarakat-begini-caranya-YucRM5JXCz.jfif Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat. Salah satu caranya dengan mengajarkan masyarakat berwirausaha atau membuat usaha sendiri. 

Dirinya pun menjalin kerjasama dengan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) dalam menciptakan peluang usaha baru yang memanfaatkan lele sebagai bahan baku utama. Sandiaga menyampaikan hasil panennya sudah dapat produksi, diantaranya ada lele crispy, lele asap, pempek ikan lele, kerupuk ikan lele, serta lele frozen.

Baca Juga: Mau Tajir seperti Orang-Orang Terkaya Dunia? Ini 10 Bisnis yang Bisa Dicoba

"Setelah kita melakukan program juragan lele lalap, pada hari ini kita memanen 300 kilogram. Produk-produk turunannya sudah ada, mulai dari lele crispy, lele asap, pempek ikan lele, kerupuk ikan lele, serta lele frozen," kata Sandiaga, Senin (15/8/2022).

Sandiaga mengatakan, program dapat meningkatkan penghasilan warga. Sebab lele menjadi solusi dalam menumbuhkan produk UMKM serta perekonomian masyarakat Bantar Gebang.

Baca Juga: Menteri KKP: Bisnis Ikan Hias Itu Dahsyat!

"Dengan adanya lele ini tadi dijual sekilonya Rp25.000 , penghasilan warga meningkatkan dan ekonominya semakin terangkat. Itulah yang ingin saya hadirkan dari program ini agar inflasi yang menghantam masyarakat kelas bawah dapat kita solusikan," ucapnya.

Program ini merupakan hasil usaha lele lalap yang sudah berjalan selama kurang lebih tiga bulan. Tak hanya itu, olahan turunan lele mampu meningkatkan nilai ekonomi sebesar dua hingga tiga kali lipat.

Sandiaga pun mengapresiasi ibu-ibu yang telah memiliki usaha melalui budidaya ikan dalam ember (budikdamber). Sehingga mereka dapat menciptakan lapangan kerja baru di daerahnya.

"Pada program ini Ibu Siti, Ibu Ayu, dan Ibu Nur sudah mempunyai usaha berarti ini sudah dapat menciptakan lapangan kerja. Jadi untuk program juragan lele lalap sukses," ungkap Sandi.

Pada kegiatan ini Sandiaga juga memberikan bantuan peralatan usaha. Yaitu peniris minyak, pisau khusus fillet ikan, vacum sealer, plastik vacuum, drum asap dan chooper.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini