Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Begini Cara Sandiaga Uno Dukung Platform Digitalisasi Musik di Sulawesi Selatan

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 620 2664422 mantap-begini-cara-sandiaga-uno-dukung-platform-digitalisasi-musik-di-sulawesi-selatan-csRuIVx6bD.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri  talkshow bertema 'Digitalisasi Musik' di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia menyebut program portamento jadi solusi untuk meningkatkan ekonomi dan melindungi hak cipta musisi. Kegiatan ini bekerja sama Prolog dan Oke Oce Milenial Sulselbar.

Sandiaga mengatakan, untuk melindungi karya dari para musisi Indonesia pemerintah akan menerbitkan suatu program yaitu Portamento. Portamento sendiri merupakan platform perhitungan royalti bagi musisi.

Menparekraf Sandiaga Uno
(Foto: Dok. Kemenparekraf)

"Kita akan menerbitkan suatu program namanya portamento dan ini karya musik memberantas pembajakan," kata Sandi di Makassar, Jumat (10/9/2022)

Pemerintah kata Sandi, akan memberikan insentif atau stimulus melalui fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) secara gratis, termasuk pendampingan.

Sementara peserta talkshow digitalisasi musik Makassar, Eti pada kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan ini menjadi penting bagi kalangan milenial maupun generasi z (Gen Z).

Terlebih adanya dorongan dari Menparekraf Sandiaga Uno yang mendorong musisi untuk meningkatkan ekonomi.

"Anak-anak muda bisa menyalurkan hobinya sebagai musisi. Jadi itu sangat bagus sekali buat kita bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan dari segi pendapatan," kata Eti.

Menurut dia, kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno menjadi bukti keberpihakan terhadap ekonomi rakyat.

"Karena Pak Sandiaga ini memerhatikan ekonomi rakyat, terutama untuk kalangan generasi muda, atau milenial. Semoga Bapak bisa menjadi Presiden," candanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini