Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Edukasi dan Pemenuhan Nutrisi Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 19 September 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 620 2670596 pentingnya-edukasi-dan-pemenuhan-nutrisi-ibu-hamil-untuk-cegah-stunting-AqbPRvrHkK.jpeg Cegah stunting dengan pemenuhan gizi (Foto: Timesofindia)

PENCEGAHAN stuntingĀ di Kabupaten Tangerang dilakukan lewat kader-kader, seperti yang tertuang dalam Peraturan Bupati No 16 Tahun 2020. Salah satunya dilakukan di Puskesmas Kecamatan Kresek.

"Kita harus menekan angkaĀ stunting. Kita bersama-sama bersinergi membantu penurunan kasusĀ stuntingĀ di Kecamatan Kresek ini," tutur Kepala Puskesmas Kecamatan Kresek, dr. Deny Erfin dalam keterangan Kalbe Farma dan Universitas Yarsi.

Sebanyak 60 ibu hamil status gizinya dipantau agar melahirkan bayi sehat terhindar dariĀ stunting.

Stunting

Pada pelatihan ini, para kader percepatan penurunanĀ stuntingĀ menerima pelatihan mengenai stunting, ANC (Antenatal Care) atau perawatan ibu dan janin selama masa kehamilan, PHBS (Pola Hidup, IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan ASIX (Asi Ekslusif). Nantinya, para kader akan memberikan edukasi kepada masyarakat di posyandu di wilayah Kecamatan Kresek sekaligus juga melakukan pemberian nutrisi kepada ibu hamil.

Dijelaskan lebih lanjut, stunting adalah suatu keadaan gangguan/gagal tumbuh kembang pada anak di bawah lima tahun yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dan akibat terpapar oleh penyakit yang berbasis lingkungan.

Kondisi adanya ganguan tumbuh kembang pada anak yang ditandai pada tinggi badan usia lebih dari dua tahun tidak sesuai dengan yang seharusnya, atau berada di bawah pita hijau pada kurva perbandingan tinggi badan dengan umur.

ā€œStuntingĀ terjadi karena adanya kekurangan nutrisi yang berulang atau berkepanjangan, sehingga disebut dengan sindrom atau kumpulan gejala, bukan penyakit,ā€ kata Head of Kalbe Nutritionals Research Center PT Kalbe Farma Tbk, dr. Iwan Surjadi Handoko.

Menurutnya, malnutrisi pada bayi bisa terjadi sejak dalam masa kandungan. Dalam hal ini, sang ibu mengalami kekurangan gizi atau asupan nutrisi. Pola makan tidak baik mengakibatkan ibu sering sakit flu, batuk, diare, sehingga penyerapan ibu untuk janin kurang baik.

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini