Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Cuma untuk 250 Undangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 620 2724151 akad-nikah-kaesang-pangarep-dan-erina-gudono-cuma-untuk-250-undangan-DMMoSygYuf.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram)

PERNIKAHAN Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggunakan ada Jawa dan mulai berlangsung hari ini. Adapun prosesi pernikahan hari ini, yakni Pemasangan bleketepe, siraman hingga midodareni.

Sementara untuk akad nikah, akan dilangsungkan besok hari di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya digelar akad nikah tapi juga ada beberapa prosesi tradisi dan juga resepsi kecil dari pihak Erina sebagai pengantin perempuan.

Menteri BUMN sekaligus panitia pernikahan Kaesang dan Erina, Erick Thohir mengatakan saat ini persiapan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo sudah mencapai 90 persen. "Kita hanya mensupport saja," kata Erick.

Dari keterangan Erick, untuk gelaran acara di Yogyakarta esok hari, sebagian besar hanya dihadiri oleh pihak keluarga. Sebanyak 250 tamu undangan gelaran akad nikah Kaesang dan Erina ini adalah sebagian besar merupakan keluarga.

Erick menyebutkan, direncanakan keluarga besar Presiden Jokowi akan menginap di hotel Royal Ambarrukmo agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat. "Sepertinya seperti itu, untuk mempermudah acara dan supaya tidak mengganggu masyarakat, kemacetan segala,” pungkas Erick singkat.

Usai menjalani serangkaian prosesi pra-pernikahan, Kaesang dan Erina melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Gibran menyebut akad nikah direncanakan berlangsung pada pukul 13.00 dan hanya ada 150 undangan yang hadir.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah ijab kabul, Kaesang Pangarep akan bertemu dengan Erina Gudono dalam prosesi panggih pengantin. Selain itu, ada beberapa prosesi, yakni upacara injak, bubak kawah, kacar kucur, dulangan atau dhahar kalimah, mapag besan dan diakhiri dengan sungkeman atau pangabektan.

Sehari setelahnya, Kaesang dan Erina akan berangkat ke Solo untuk prosesi ngunduh mantu, serta tasyakuran. Ngunduh mantu akan dimulai pagi hari di Gedung Loji Gandrung, Solo.

Setelah ngunduh mantu, pengantin akan melakukan kirab atau arak-arakan menuju lokasi tasyakuran naik kereta kencana. Acara tasyakuran sendiri akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

Setelah pengantin dan keluarga tiba di Pura Mangkunegaran, acara tasyakuran akan dimulai. Tasyakuran akan dilaksanakan hngga malam dengan dibagi beberapa sesi. Di sinilah pengantin dan keluarga menyambut tamu undangan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini