Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LRT Palembang Belum Maksimal Layani Penumpang, Kemenhub dan Dishub Sumsel Punya PR Besar

Fayha Afanin Ramadhanti, Jurnalis · Senin 19 Desember 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 19 620 2730109 lrt-palembang-belum-maksimal-layani-penumpang-kemenhub-dan-dishub-sumsel-punya-pr-besar-PAfyhCS66Y.jpg LRT Palembang (Foto: Okezone0
A A A

JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik, Bambang Haryo Soekartono mengungkapkan bahwa LRT Palembang berbeda dengan di Jepang. Menurut dia, LRT di Negeri Sakura mempunyai batas penumpang menunggu dengan rel kereta api.

Lalu, terdapat pagar pelindung agar penunggu kereta api lebih aman dan tidak terjatuh ke rel kereta yang sangat membahayakan para calon penumpang.

"Diharapkan kereta LRT Palembang yang sudah beroperasi lebih dari 3 tahun bisa betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat Palembang dan ini adalah tugas dari Kemenhub bersama Dishub Sumsel untuk mengusahakan lebih keras lagi agar kereta LRT tersebut betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," kata Bambang, Senin (19/12/2022).

Bambang berharap, subsidi APBN tidak secara terus menerus digelontorkan untuk operasional LRT Palembang, apalagi nantinya harus dibebani dengan kewajiban pengembalian utang investasi yang sangat besar saat Grece Period habis.

"Maka beban pengelola LRT akan semakin berat dan lagi-lagi rakyat seluruh Indonesia menjadi korban untuk mensubsidi biaya operasional kereta api tersebut," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia Menjelaskan bahwa Kemenhub juga bisa mendorong pengolala LRT Palembang agar melengkapi keselamatan untuk penumpang terutama pagar pembatas yang sampai dengan saat ini belum ada, dan juga mengembalikan semua fasilitas kenyamanan lift dan eskalor yang rusak serta melengkapi konektifitas angkutan darat lanjutan secara cukup.

"Agar bisa digunakan masyarakat secara maksimal dan Kementerian Perhubungan yang membangun LRT harus mempunyai target biaya operasional LRT bisa diselesaikan sendiri oleh pengelola yang tidak menggantungkan subsidi rakyat seluruh Indonesia lagi," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini