Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Bakal Pasok Gas Bumi ke Indocement (INTP)

Rizky Fauzan, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2022 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 21 620 2731532 pertamina-bakal-pasok-gas-bumi-ke-indocement-intp-sgnXqe4iIM.jpg Pertamina Bakal Pasok Gas ke Indocement (Foto: Dokumen PGN)
A A A

JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas), sebagai afiliasi Subholding Gas Pertamina akan memasok gas bumi sebesar 9.000 MMBTUD ke PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP).

Hal ini sebagai bentuk dukungan bagi pemenuhan kebutuhan gas bumi kepada sektor industri nasional.

Pasokan gas bumi ini ditandai melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) yang dilakukan Direktur Utama Pertagas Gamal Imam Santoso dan Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya di Bandung, Jawa Barat, Senin 19 Desember 2022.

BACA JUGA:Percepat Pengembangan Infrastruktur Gas Bumi pada 2023, Ini Strategi PGN (PGAS) 

Gamal mengatakan melalui kerja sama ini, Pertagas akan memenuhi kebutuhan gas untuk power plant serta produksi semen putih milik Indocement dengan memanfaatkan gas dari wilayah Jawa Barat dan disalurkan melalui infrastruktur Subholding Gas.

"Subholding Gas memiliki infrastruktur pipa yang terintegrasi yang membentang dari Sumatera hingga ke wilayah Jawa Barat, Cirebon sampai ke Cilegon termasuk salah satunya yang menuju plant milik Indocement," kata Gamal dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu(21/12/2022).

Menurut dia, Pertagas sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk akan terus berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik Indocement dalam pemenuhan kebutuhan gas secara berkelanjutan.

"Pertagas memiliki pengalaman, portofolio, serta kompetensi yang dapat diandalkan oleh Indocement sebagai salah satu mitra strategis," lanjut Gamal.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Gamal menambahkan Subholding Gas secara berkelanjutan akan terus berupaya dalam memperluas pengembangan infrastruktur gas untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai industri salah satunya adalah industri semen.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah yaitu mendukung tercapainya transisi energi yang ramah lingkungan melalui gas bumi demi tercapainya net zero emission (NZE) pada 2060," ucapnya.

Dia pun berharap melalui pasokan gas yang konsisten dan sesuai spesifikasi yang disepakati bersama, akan mampu meningkatkan kinerja operasional sebagai eksportir klinker dan industri semen nasional berbasis gas bumi di Indonesia.

Sementara itu, Christian juga menyambut baik kerja sama dengan Pertagas. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertagas atas kerja sama dan usaha terbaik yang diberikan khususnya dalam penyediaan pasokan gas kebutuhan Indocement. Perusahaan kami merupakan satu-satunya produsen semen putih di Indonesia, yang membutuhkan gas untuk proses produksinya, sehingga menghasilkan produk yang bermutu dan ramah lingkungan," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini