Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Jadi Tuan Rumah ATF 2023, Menteri Sandiaga Siapkan Hal Ini

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Senin 09 Januari 2023 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 09 620 2742543 ri-jadi-tuan-rumah-atf-2023-menteri-sandiaga-siapkan-hal-ini-ZRx1fPzvlj.JPG Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: MPI).
A A A

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau kesiapan penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada 2-5 Februari 2023.

Menparekraf Sandiaga meninjau langsung kesiapan dan infrastruktur yang ada di Jogja Expo Centre sebagai penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange) ATF dan Candi Prambanan sebagai lokasi Opening Ceremony of ASEAN Tourism Forum 2023.

“Kita sudah lihat infrastruktur Jogja Expo Centre yang sedang direnovasi. Untuk toiletnya sudah bagus, dan semoga untuk keseluruhan bisa selesai sebagaimana yang telah dijadwalkan,” kata Menparekraf Sandiaga dikutip Senin (9/1/2023).

 BACA JUGA:Sandiaga Ingatkan Maskapai Penerbangan Patuhi Prosedur demi Keselamatan Wisatawan

Menparekraf mengatakan Yogyakarta memiliki kelengkapan infrastruktur yang luar biasa.

Seperti adanya Bandara Yogyakarta International Airport, ketersediaan hotel yang beragam, dan memiliki destinasi unggulan dan destinasi super prioritas Borobudur.

Dia berharap target jumlah wisatawan mancanegara atau wisman yang mencapai 7,4 juta pada tahun 2023 bisa ditopang dengan kesuksesan penyelenggaraan ATF 2023.

“Dan tentunya harapannya dapat menghadirkan wisman, dan juga mereka membeli produk-produk ekonomi kreatif Indonesia. Kami juga berharap target kunjungan wisman 7,4 juta tahun 2023 diawali kesuksesannya dari ATF,” jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Menparekraf menjelaskan bahwa ATF 2023 memiliki makna yang cukup besar karena akan menjadi event pembuka pertemuan antar menteri ASEAN di masa keketuaan Indonesia di ASEAN pada seluruh sektor di 2023 yang mengusung tema ASEAN: Epicentrum of Growth.

Momentum Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 diharapkan dapat menghasilkan inisiatif baru dalam mengatasi berbagai tantangan utama yang menjadi perhatian di kawasan dan dunia.

“Dan ini kementerian lembaga pertama yang akan menyambut Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. Oleh karenanya, mohon pemerintah pusat dan daerah di Yogyakarta serta pelaku di industri pariwisata untuk hadir dan mendukung kesuksesan ATF 2023,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan ATF 2023 akan diisi dengan beberapa program pendukung.

Seperti di antaranya Opening Ceremony di area open theater Candi Prambanan, Royal Dinner di Keraton Yogyakarta, Post Tour bagi Delegasi Meeting dengan konsep Trail of Civilization dan tema Wellness Tourism, Bilateral Meetings antarnegara dan organisasi internasional, ASEAN NTOs Media Briefing, ASEAN Awarding Ceremony; ASEAN Tourism Ministers Press Conference, serta Handover Ceremony dari Indonesia kepada Laos PDR.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini menjadi ketua forum pariwisata ASEAN. Sesuai tradisi ASEAN, keketuaan Indonesia di forum pariwisata ASEAN akan diakhiri dengan menjadi tuan rumah penyelenggara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang bertemakan ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini