Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Kesalahan Pemula yang Kerap Terjadi Saat Memulai Bisnis Fashion

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2023 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 620 2761969 sederet-kesalahan-pemula-yang-kerap-terjadi-saat-memulai-bisnis-fashion-i7My0uxnDp.jpg Tips Memulai Bisnis Fashion. (Foto: Bespoke Fashion)
A A A

MEMBANGUN bisnis memang bukan tugas mudah, apapun bentuk bisnisnya. Perlu ketekunan dan kerja keras untuk membuat sebuah bisnis berkembang, termasuk dalam bisnis fashion.

Founder & CEO The Bespoke Fashion Consultant Melinda Babyanna menyebut, pemula yang ingin merintis bisnis fashion harus bijak dalam mengambil setiap langkah. Ketika membangun bisnis di awal, kita pun harus fokus sehingga tidak menderita kerugian.

Dia pun merinci beberapa kesalahan yang lazim terjadi saat membangun bisnis fashion. Salah satunya adalah kesalahan dalam memilih vendor, lantaran banyak vendor dalam bisnis fashion.

"Terus juga terlalu fokus pada penjualan. Mereka mikir yang penting jualannya, sudah habis banyak bakar uang untuk promosi tapi produknya baisa aja. Customer gak akan balik beli ke dia, karena produk enggak didevelop dengan baik itu sering banget,” ujar Melinda saat ditemui dalam acara The Bespoke Fashion Consultant 3rd Anniversary.

Bespoke Fashion Consultant

Selain itu, kesalahan juga terjadi pada biaya. Kebanyakan pebisnis tidak bisa menghitung margin keuntungan. “Misalnya cost productionnya Rp50 ribu dijualnya Rp100 ribu, enggak bisa kayak gitu, ada hitungannya, mereka selalu mikir laku dulu, yang penting laku, itu kesalahan yang sering dilakukan,” tuturnya.

Menurut Ratih, banyak juga orang-orang yang ingin instan untuk memasarkan produknya. Padahal harus ada formulanya. Seperti kisah Caren Delano tang minta tiga bulan untuk proses menjadi produk.

“Saya sudah bilang nggak masuk akal kalau tiga bulan, tapi Caren tetap maksa, dan ternyata gagal. Karena kami punya formula minimal tuh enam bulan. Perlu ada brand DNA development, pembuatan desain, costing, sampel, hingga produksi. Enam bulan itu sudah paling cepat,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Melinda menjelaskan ketika ingin membangun bisnis fashion, hal yang harus dipersiapkan ada kapital, akses ke supplier yang kompeten, manpower, vendor penjahit, dan rencana bisnis. “Semua itu harus ada proyeksinya agar bisnis bisa berjalan lancar,” tambahnya.

Dia pun mengungkapkan saat ini sudah banyak platform yang membahas tentang perspektif membangun bisnis. Sehingga memudahkan para pemula untuk mendapatkan ilmu ketika ingin membangun bisnis fashion.

“Kita juga adaTBF Consultant podcast punya platform baru yang bisa didengarkan di Spotify tentang cara membangun bisnis. Ada juga fashion business conference pertama di Indonesia yang menyatukan para pebisnis (mode) dalam satu ekosistem pada Agustus atau September 2023,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini