Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisakah Virus Flu Burung Jadi Pandemi seperti Covid-19?

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2023 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 09 620 2778243 bisakah-virus-flu-burung-jadi-pandemi-seperti-covid-19-7QBJHxObJi.jpg Ilustrasi Flu Burung. (Foto: Shutterstock)
A A A

PEMERINTAH memang belum mencatatkan adanya kasus flu burung pada manusia. Meski demikian, flu buurng memang merupakan virus yang bersifat zoonosis, artinya virus tersebut bisa menular ke manusia dari hewan.

Virus yang menular lewat saluran pernapasan ini pun bisa menjadi kendala tersendiri, mengingat Covid-19 yang juga menular lewat saluran pernapasan. Tidak heran, jika ada kekhawatiran bahwa penyakit flu burung bisa memicu pandemi seperti Covid-19. Apalagi, penyakit flu burung tengah menjadi sorotan karena telah memakan korban meninggal di Kamboja.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengatakan masih aman alias belum ada kasus pada manusia. Tetapi ia mengatakan setiap orang harus tetap waspada.

"Kemungkinan kecil untuk pandemi, maka butuh salah satunya kolaborasi dan langsung ditangani. Semua stakeholder sudah atasi, saya kira kita cukup banyak belajar, bisa kita hindarkan, ya memang ada migrasi unggas dari negara lain itu harus diwaspadai," jelas dr Erlina dalam Media Briefing terkait Covid-19 di Gedung IDI di Jakarta.

Istilah pandemi secara umum dipahami, adanya penyakit menyebar di wilayah yang luas. Saat ini flu burung tengah mengkhawatirkan di Kamboja, akibat penemuan satu gadis meninggal dunia akibat flu burung (H5N1) clade 2.3.4.4b.

Sementara di Indonesia, penemuan kasus flu burung diidentifikasi di Kalimantan Selatan terjadi pada unggas dengan varian (clade) yang berbeda yaitu 2.3.4.4b. Dokter Erlina mengatakan perlu ada langkah pencegahan, dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti pakai sarung tangan serta mengonsumsi makanan yang matang.

Follow Berita Okezone di Google News

"Makanya pakai masker dan sarung tangan. Sebab virus terjangkit pada unggas yang dimakan, pedagang di pasar dianjurkan pakai sarung tangan. Olah sampe matang, karena virus mati di atas suhu 60 derajat," jelas dr Erlina

Sehubungan dengan ini, Wakil Menteri Kesehatan Prof Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah tengah bersiap untuk menghadapi flu burung. Di mana sudah melakukan squencing genome pada hewan (unggas pemicu flu burung).

"Untuk kasus flu burung H5N1 sebetulnya sudah kita lakukan surveilans secara genomik dan belum ada kasusnya di Indonesia (terjadi pada manusia), tapi kita sudah memulai untuk mengambil ancang-ancang karna ini sudah ada kasusnya di Ekuador dan Kamboja," ungkap Prof Dante dalam Konferensi Pers acara Peluncuran Permenko No 7 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru di Jakarta.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini