Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta 4 Anak Ditemukan Hidup di Hutan Amazon Selama 40 Hari Usai Pesawat Jatuh

Susi Susanti, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2023 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 13 620 2829907 5-fakta-4-anak-ditemukan-hidup-di-hutan-amazon-selama-40-hari-usai-pesawat-jatuh-48r0gJyQH1.jpg 4 anak ditemukan usai menghilang 40 hari di Hutan Amazon (Foto: Reuters)
A A A

BOGOTA – Empat anak berhasil ditemukan hidup-hidup di Hutan Amazon. Mereka bertahan hidup selama 40 hari usai pesawat yang mereka tumpangi jatuh pada pada 1 Mei lalu.

Tim penyelamat mengatakan penemuan ini sangat menakjubkan dan penuh dengan kejaiban.

Berikut lima faktanya:

1. Pesawat jatuh

Pesawat yang membawa keempat bocah itu yakni pesawat Cessna 206 diketahui jatuh pada 1 Mei lalu. Pesawat ini terbang dari bandara Araracuara, di provinsi Caqueta ke San Jose del Guaviare, sebuah kota di provinsi Guaviare.

Lalu di tengah penerbangan, pesawat itu mengeluarkan peringatan mayday karena mengalami kerusakan mesin. Tiga orang dewasa, termasuk pilot dan ibu keempat bersaudara itu, Magdalena Mucutuy, tewas akibat kecelakaan itu dan jenazah mereka ditemukan di dalam pesawat.

2. 4 bocah ditemukan hidup

Tim penyelamat berhasil menemukan empat bersaudara yang berusia 13 tahun, 9 tahun, 4 tahun, dan seorang bayi 12 bulan. Jenderal Pedro Sanchez, yang bertanggung jawab atas upaya penyelamatan, mengatakan bahwa anak-anak itu ditemukan 5 kilometer dari lokasi kecelakaan. Dia mengatakan tim penyelamat telah melewati dalam jarak 20 hingga 50 meter dari tempat anak-anak itu ditemukan beberapa kali, tetapi keberadaan para penyintas tersebut luput.

3. Cuitan Presiden

Presiden Kolombia Gustavo Petro dalam sebuah cuitan di Twitter pada 17 Mei mengatakan bahwa keempat anak itu telah ditemukan. Namun tak berapa lama kemudian Petro menghapus cuitan itu, mengatakan bahwa informasi mengenai penemuan anak-anak itu belum dapat dikonfirmasi.

Kemudian pada 9 Juni, Petro mengatakan bahwa tentara Kolombia telah menemukan anak-anak itu, menyebutnya sebagai hari ajaib. Petro membagikan foto beberapa anggota militer dan komunitas Pribumi yang sedang merawat salah seorang anak, yang telah berada di hutan selama 40 hari.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Makan biji-bijian dan tepung tapioka

Keempat bocah yang ditemukan ini diketahui bisa bertahan hidup selama 40 hari dengan makan tepung tapioka dan biji-bijian

"Ketika pesawat jatuh, mereka mengeluarkan sebuah farina dari reruntuhan pesawat yang jatuh, dan karena mengkonsumsi makanan itu, mereka selamat," kata paman anak-anak itu, Fidencio Valencia kepada wartawan di luar rumah sakit. Farina adalah tepung tapioka yang dikonsumsi masyarakat di wilayah Amazon.

“Setelah fariña habis, mereka mulai memakan biji-bijian,” ujarnya.

5. Pemerintah gelar upacara adat

Sebagai bentuk terima kasih atas penemukan keempat anak itu, masyarakat adat mengadakan upacara di Bogota pada Minggu (11/6/2023).

Dikutip VOA, Luis Acosta, Koordinator tim pribumi yang bertanggung jawab atas pencarian anak-anak di wilayah Amazon itu, mengatakan operasi tersebut merupakan kolaborasi dengan pasukan militer, dan pengetahuan komunitas masyarakat adat untuk membantu menemukan keempat anak tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini