Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perum PPD-Damri Merger, Wamen BUMN: Benahi Bisnis di Sektor Transportasi

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 19 Juni 2023 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 19 620 2833324 perum-ppd-damri-merger-wamen-bumn-benahi-bisnis-di-sektor-transportasi-clczJqEOCJ.jpg Bus Damri (Foto: MPI)
A A A

JAKARTA - Penggabungan (merger) antara Perum PPD dan Perum Damri diharapkan bisa membenahi bisnis di sektor transportasi jalan. Penggabungan ini diminta mengikuti jejak atas merger PT Pelindo (Persero) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk,.

Adapun penggabungan kedua BUMN itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2023 tentang Penggabungan Perum PPD ke Dalam Perum Damri. Merger PPD-Damri menjadi merger ketiga di bawah klaster BUMN Jasa Keuangan dan Transportasi.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirdjoatmojo (Tiko) menyatakan, penggabungan PPD-Damri bertujuan menciptakan skala usaha agar efektif dan berkompetisi kedepannya.

"Kita tahu di dalam BUMN ada dua tugas yakni public services dan value creation. Kita ingin penggabungan usaha ini maka dua-duanya bisa berjalan efektif," ujar Tiko dalam Perayaan Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum Damri di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Tiko mengatakan transportasi jalan adalah sektor yang terfragmentasi dengan cukup kompetitif. Dia ingin merger bisa memperkuat posisi Damri dalam bisnis transportasi jalan.

Follow Berita Okezone di Google News

Karena itu, integrasi kedua perusahaan baik sistem, human capital, layanan, dan percepatan pengembangan ke depan dapat berjalan optimal. Hal ini akan berdampak signifikan terhadap meningkatkan penambahan kualitas layanan, rute, hingga perbaikan keuangan.

"Jadi ini merupakan satu paket semua, tidak bisa dilepas-lepas dan jadikan ini momentum untuk transformasi budaya juga bagi seluruh pegawai Damri," ucap dia.

Merger, lanjut dia, menjadi titik awal dalam proses integrasi dan percepatan pengembangan usaha ke depan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini