Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Mencekam di Uganda, Kelompok Militan Serang Sekolah dan Bunuh Anak-Anak

Susi Susanti, Jurnalis · Senin 19 Juni 2023 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 19 620 2833366 malam-mencekam-di-uganda-kelompok-militan-serang-sekolah-dan-bunuh-anak-anak-MMy7QTwpNK.jpg Foto: BBC
A A A

UGANDA - Suasana mencekam terjadi di Uganda, Jumat (16/6/2023). Kelompok diduga militan Islam menyerang sebuah sekolah di Mpondwe yang menyebabkan sekitar 40 orang tewas.

Murid-murid di sekolah tersebut menyanyikan lagu-lagu gospel sebelum serangan mematikan tersebut.

"Kemudian saya mendengar teriakan," kata seorang wanita yang tinggal di seberang sekolah, Mary Masika kepada BBC.

Militan yang terkait dengan Negara Islam telah disalahkan atas serangan itu.

Pasukan Demokratik Sekutu (ADF) dibentuk pada 1990-an dan mengangkat senjata melawan Presiden Yoweri Museveni, menuduh penganiayaan terhadap Muslim.

 BACA JUGA:

Mereka sebagian besar berbasis di negara tetangga Republik Demokratik Kongo. Sekolah Menengah Mpondwe Lhubiriha yang diserang pada Jumat (16/6/2023) dekat dengan perbatasan.

Masika mengatakan dia dan warga lainnya ketakutan oleh serangan yang berlangsung sekitar 90 menit itu.

"Saya tidak bisa makan atau tidur sejak itu," katanya kepada BBC dalam bahasa Swahili.

Para siswa biasanya bernyanyi sebelum tidur - dan pada awalnya dia dan putrinya mengira suara yang mengganggu lagu mereka sekitar pukul 22:00 (20:00 GMT) menunjukkan bahwa mereka sedang bersenang-senang.

Tetapi segera menjadi jelas bahwa sesuatu yang mengerikan sedang terjadi di sekolah tersebut, yang memiliki sekitar 60 orang asrama yang tinggal di sebuah kompleks kecil.

Pemberontak ADF telah memasuki asrama, membakarnya dan menggunakan parang untuk membunuh dan melukai siswa.

Satu keluarga di Mpondwe mengadakan pemakaman pada Minggu (18/6/2023) untuk seorang ayah dan anak yang tewas dalam serangan itu - penjaga keamanan Elphanas Mbusa berusia 47 tahun dan Masereka Elton yang berusia 17 tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Putra mereka yang lain, Brian Muhindo yang berusia 15 tahun yang juga bersekolah, hilang. Mereka tidak tahu apakah dia termasuk di antara enam anak laki-laki yang diculik atau salah satu dari mereka yang tubuhnya tidak dapat diidentifikasi karena telah dibakar begitu parah.

Hurubana Kimadi Onesmus mengatakan kepada BBC bahwa dia merasa sulit untuk memahami bagaimana para penyerang dapat menyusup ke sekolah tempat putranya, penjaga keamanan, bekerja dan tempat cucunya belajar.

"Ada kehadiran militer yang sangat kuat di daerah itu," kata pria berusia 69 tahun itu.

Sekarang ada banyak keamanan di sekolah - dan tim BBC hanya diberi waktu beberapa menit untuk mengambil beberapa foto bangunan yang terbakar.

Itu adalah adegan yang menghancurkan dan menjengkelkan.

Banyak darah kering masih berceceran di tanah di luar asrama putri - mereka telah diserang oleh parang dan lainnya ditembak mati saat mereka melarikan diri.

Asrama anak laki-laki telah dikunci - mereka menolak untuk membukanya untuk para pemberontak atau dikunci di dalam oleh mereka. Para militan menuangkan bahan bakar ke gedung dan membakarnya.

Di dalam bau kematian tidak salah lagi - tempat tidur telah direduksi menjadi jaring kawat dengan potongan daging masih menempel di sana.

Dia berkata setelah nyanyian ini, salah satu dari mereka mengatakan pihaknya telah berhasil membuat negara Museveni tidak stabil.

Sebagai tanggapan, Presiden Museveni berjanji untuk mengirim lebih banyak pasukan ke Pegunungan Rwenzori, yang berada di sepanjang perbatasan antara Uganda dan DR Kongo.

"Tindakan mereka... aksi teroris yang putus asa, pengecut... tidak akan menyelamatkan mereka,” terangnya.

Daerah di sekitar Mpondwe tampaknya merupakan campuran antara Kristen dan Muslim. Beberapa dari mereka yang menghadiri pemakaman pada Minggu (18/6/2023) mengenakan pakaian tradisional Muslim.

Pemakaman lain untuk murid yang tewas dalam serangan itu diadakan di desa-desa di seluruh wilayah, dengan kebanyakan orang tercengang dan sedih oleh kebrutalan penyerangan tersebut.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini